Kamis, 29 November 2012

@ cara mengatasi internet lambat


Saya sering menerima pertanyaan dari beberapa dumalanizer yang mengeluh karena koneksi Internetnya lambat. Sering kali kita bertanya-tanya pada orang, mengapa internet-ku lambat sekali? Padahal sudah menggunakan jasa provider internet dengan kredibilitas yang bagus. Sebut saja misalnya TELKOM dengan jasa Speedy dan Flash (untuk mobile).

Banyak faktor yang menyebabkan akses internet Anda lambat.
1. Provider dan Pilihan Paket
Provider TELKOM tidaklah jaminan. Mengapa? paket apakah yang Anda gunakan sekarang ini? Misalnya untu speedy, silakan lihat tabel dibawah ini dari TELKOM. TELKOM Speedy menyediakan berbagai pilihan paket layanan sesuai dengan kebutuhan di rumah maupun bisnis Anda, baik paket berjenis time-based maupun paket unlimited dengan pilihan kecepatan yang bervariasi.
Untuk rumahan biasanya memakai paket Socialia dengan kecepatan 384 kilobyte per second (kbps). Bila komputer yang Anda gunakan untuk paket ini sendirian, tentu sudah cukup untuk browsing. Perhatikan lagi…. mungkin Anda memakai paket lain! dengan semakin besar Line Speed-nya semakin cepat pula akses Internet Anda. Hal ini juga berlaku bila Anda menggunakan AHA, FLASH dan modem mobile lainnya.
Kantor Dumalana menggunakan paket nomor 7 dengan Line Speed 3 Mb/s sementara situs dumalana memiliki bandwidh 70 Gigabyte (Gb) dari provider Domain Hosting di Virginia Amerika Serikat. dua hal ini memengaruhi loading access oleh client. Disamping sarana dari provider internetnya itu sendiri.
2. Pengaturan Modem
Saya dapat infot dari gocengblog.com tentang DNS Speedy Tercepat. Web tersebut menyarankan mengganti Segera ganti DNS yang ada dengan DNS Speedy tercepat terbaru, terkini dan sudah terbukti tentunya. Konon, akses internet gocengblog menggunakan Speedy makanya berani share mengenai DNS Speedy tercepat.
Lantas, Apa itu DNS? dan bagaimana cara mengganti DNS?  DNS sngkatan dari Domain Name System adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
Secara umum fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet. Saat ini banyak tersedia berbagai alamat DNS alternatif yang bisa digunakan, seperti pada DNS Speedy tercepat terbaru ini ataupun pada postingan goceng blog terdahulu : Tips Mempercepat Koneksi Internet dengan mengganti DNS. Bagaimana cara mengganti DNS ?
Untuk mengganti DNS, silahkan ikuti tutor berikut ini :
**Khusus Windows XP**
Buka “Windows Explorer”
Klik Kanan Pada bagian “My Network Places” (kolom kiri)
Pilih “Properties”
Klik 2x pada bagian “Local Area Conection”
Kemudian klik 2x pada bagian “Internet Protocol (TCP/IP)
Pilih Bagian “Use the following DNS server Addresses” pada bagian “Preferred DNS server isikan “203.130.208.18 tanpa tanda kutip. Pada bagian Alternate DNS Server isikan “203.130.196.155tanpa tanda kutip.
Klik “OK” untuk menyelesaikan proses setting DNS. Silahkan dicoba dan ganti DNS Anda menggunakan DNS Speedy Tercepat terbaru dan rasakan sendiri dech kecepatan akses internet nya.. Apakah lebih cepat ?
**Untuk Wndows XP**
Klik Start
Pilih Control Panel
Buka Network and Internet (Anda akan dibawa ke Network Sharing Center)
Pilih Change Adapter Setting
Doble Klik Local Area Netwok
Pilih Properties
Pilih Internet Protocl Version 4 (IPV4) | Double Click (selanjutnya lakukan hal sama  dengan point 6 dan 7 untuk Windows XP di atas)
OK
Pilihan DNS sangat banyak. Anda dapat mencarinya di Internet. Atau pun Anda dapat menggunakan DNS publik dari google.
3. Pengaruh Antivirus
Antivirus bisa memperlambat kecepatan Internet. Antivirus sering dituduh sebagai penyebab komputer menjadi lambat. Tuduhan ini tak sepenuhnya salah. Sebab anti virus (sesuai tugasnya yang berfungsi menjaga komputer dari serangan virus) memang beroperasi saat komputer menyala. Akan tetapi menyalahkan antivirus sama saja dengan menyalahkan diri sendiri. Sebab kita juga yang menginstall antivirus ke dalam komputer dengan tujuan melindungi komputer.
Tipsnya pilihlah antivirus yang lebih ringan dan mudah dalam updatenya. Silakan googling! :D
4. Aktvitas Paralel dalam Komputer Anda
Aktivitas paralel, maksudnya Anda bekerja dengan banyak aplikasi secara bersamaan. Misalnya Anda menggunakan internet untuk browsing dan download secara bersamaan. Hal ini akan memengaruhi kecepatan internet Anda. Proses ini terjadi karena memory dan processor Anda bekerja secara maksimal, sehingga tidak ada ruang yang cukup untuk menyimpan data sementara (cache atau cookies).
Tipsnya, lakukan browsing atau chatting jangan dikombinasikan dengan download file yang besar (misalnya lebih dari 500 MB s.d 1 Gb. Apalagi ketika Anda membakar (Burning) CD sekedar mengopy Film atau Data. Perhatikan juga berapa memori komputer Anda (DDR) dan Processor serta Hard Disk untuk menyimpan data. Karena sekalipun Anda menyimpan File di Drive D, E dan Selanjutnya, file sementara akan di dimpan di direktori system, biasanya direktori C (khusus Windows atau Hda untuk Linux).
5. Penggunaka Nawala (penyensor situs)
Meskipun saya tidak banyak mendapat informasi detail, Nawala sebagai penyaring situs tertentu anjuran pemerintah memiliki andil dalam masalah loading. Prinsipnya, setiap situs yang akan kita akses akan dibaca/disensor terlebih dahulu oleh nawala. Apakah mengandung konten pornografi atau tidak. yo… otomatis akan memengaruhi kecepatan loading.
6. Security Setting di Jaringan Kantor Anda
Mungkin Anda tidak bisa membuka situs tertentu, chatting, fb-an atau lainnya disebabkan pengaturan security system dari master IT di kantor Anda. Tanyakan padanya untuk keperluan kita, apakah diizinkan atau tidak.
Sekian dulu seputar ngobrol-ngobrol kita tentang Internet dan dunia IT/ICT
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar