Selasa, 15 Oktober 2013

Meningkatkan Kualitas Blog dengan Update Posting Lama

Apakah Anda rajin meng-update postingan lama? Sebagai blogger, tentu saja dari waktu ke waktu kita terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita dalam blogging. Dan segera ketika kita membuka-buka postingan lama, kita akan menemukan banyak kekurangan pada artikel lama yang ditulis lima bulan yang lalu!

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya telah menegaskan perlunya melakukan update postingan lama. Namun di artikel tersebut saya tidak merincinya lebih jauh, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitasnya. Nah, dalam artikel kali ini saya maksudkan untuk melengkapinya.

Jika Anda rajin menulis posting baru secara teratur, apalagi setiap hari, maka dalam waktu beberapa bulan saja, Anda akan memiliki banyak sekali postingan. Kebanyakan mereka 'terkubur' begitu saja dalam tumpukan arsip blog, tanpa tersentuh oleh pengunjung baru. Sungguh suatu kesia-siaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya sangat menyarankan kepada Anda, untuk melakukan satu pekerjaan baru, aktivitas rutin yang akan membuat blog Anda semakin moncer. Yaitu, membuka, membaca kembali, kemudian melakukan perubahan-perubahan (update) pada posting / artikel lama Anda.

Apa saja yang perlu diupdate?
Saya sendiri menetapkan jadwal 2 - 3 minggu sekali untuk memeriksa, membaca kembali postingan lama. Saya mulai dari artikel yang pertama kali saya posting, terus secara berurutan. Dan pada setiap artikel tersebut saya melakukan hal-hal berikut:

1. Merubah judul posting
Jika saya merasa bahwa judul posting lama tidak begitu bagus, tidak menarik, tidak SEO friendly, dan saya menemukan judul yang lebih baik, maka segera saya merubahnya. Dan terbukti, beberapa artikel lama saya, yang tadinya hampir tidak pernah dibaca pengunjung, akhirnya dibaca lebih banyak lagi. Siapapun akan setuju, bahwa judul yang menarik, mengandung keyword utama, akan lebih disukai baik oleh search engine maupun pengunjung.

update posting lama
2. Memperbaiki kesalahan tata bahasa, susunan kalimat, ejaan dan sebagainya.
Semakin lama Anda blogging, maka akan semakin merasakan pentingnya hal ini. Sebuah tulisan penuh dengan salah ketik, penggunaan kalimat atau kata yang tidak tepat, dan sebagainya akan membuat kualitas artikel jadi menurun. Dan seiring keterampilan menulis yang semakin baik, Anda akan menyadari bahwa ternyata tulisan lama Anda sulit dicerna, njlimet, dan berputar-putar. Perbaiki hal-hal tersebut, maka kualitas posting lama Anda menjadi lebih baik.

3. Tambahkan gambar atau link yang relevan
Ini adalah hal yang sangat penting. Lengkapi posting lama dengan link terhadap artikel-artikel Anda yang lebih baru yang masih berhubungan. Selain meningkatkan pageview, juga sangat membantu pembaca menemukan informasi yang mereka cari.

4. Berikan nilai tambah, pembahasan yang lebih mendalam
Jika memang kita memiliki data baru, pengetahuan baru, dan melihat pembahasan pada posting lama Anda dapat diperdalam lagi, maka itu adalah hal yang sangat baik. Buat orang yang telah berkunjung ke blog Anda berpikir: "wow, ini sangat luar biasa", "ini benar-benar bermanfaat".

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan terhadap posting lama Anda. Saya sendiri, biasanya memberikan opini baru, pengalaman baru, atau memperdalam pembahasan untuk memberi nilai tambah pada posting lama. Bagaimana? Siap dengan rutinitas baru meng-update posting lama? Berikan pendapat Anda melalui kolom komentar.

Jangan hanya karena sebuah artikel dibuat 1 tahun lalu, lalu kemudian dianggap tidak berguna. Posting lama Anda sama berharganya dengan tulisan terbaru Anda! 

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar