Senin, 21 Oktober 2013

6 Alasan Bagus Untuk Tidak Berhenti Ngeblog

Pernahkah Anda merasa ingin berhenti saja dari ngeblog? Saya pernah!

Mungkin Anda mengalami hari-hari, atau minggu-minggu yang 'buruk', dimana Anda telah menghabiskan berjam-jam menulis konten, tapi tidak ada satupun yang mengomentari artikel Anda.

Atau mungkin Anda dilanda kesibukan sangat, sehingga kesulitan meluangkan waktu untuk blogging, walaupun masih ada semangat untuk tetap ngeblog.

Atau mungkin juga teman, dan keluarga terdekat Anda tidak mengerti tentang blogging dan mengganggapnya hanya sebuah kegiatan yang menghabiskan waktu percuma, dan di lain pihak Anda sendiri mulai ragu apa sebenarnya manfaat dari blogging.

Ya, memang. Semua blogger pasti mengalami satu titik dimana ada rasa frustasi melanda. Ketika seorang blogger frustasi, lalu berpikir untuk berhenti, apa yang mesti dilakukan?

Saya mengajak Anda untuk tetap semangat ngeblog dan tidak berhenti di jalan, setelah banyak tenaga dan waktu dikorbankan. 

Saya pun mengalami saat-saat seperti itu, tapi saya menolak untuk menyerah, dan saya memiliki alasan yang bagus, mengapa saya harus terus ngeblog.

Jika Anda saat ini mengalami hal serupa, inilah 6 alasan bagus mengapa Anda tidak boleh berhenti dari blogging:

1. Anda sedang mempelajari hal-hal baru
Ada banyak sekali hal yang dapat dipelajari sebagai seorang blogger, dan nyatanya proses belajar itu tidak pernah berhenti.

Pada awalnya mungkin Anda mulai belajar membuat blog dan memilih platform yang cocok (mungkin wordpress atau blogger). Anda belajar bagaimana merubah nama blog, menambahkan widget. Belajar desain tampilan blog sesuai keinginan.

Seiring waktu, tidak terasa semakin banyak yang Anda pelajari dapatkan dari kegiatan blogging. Anda belajar bagaimana menghasilkan tulisan yang bagus. Anda belajar membangun hubungan yang baik, dan lain sebagainya. 

Yakin. Semua keterampilan tersebut adalah hal yang bernilai, dan itu sudah cukup menjadi alasan untuk tidak berhenti dari blogging.

2. Anda sedang membantu orang-orang
Taruh kata, blog Anda hanya dibaca oleh 10 orang, padahal menginginkan dibaca 10.000 orang, dan ini membuat Anda frustasi dan ingin berhenti. Itu bukan alasan untuk berhenti. Ingat, meskipun tulisan Anda hanya dibaca oleh 10 orang, Anda telah memberi kontribusi bermanfaat untuk kesepuluh orang tersebut! Dan jika Anda mau memikirkannya dengan 'jernih', sungguh ini adalah satu hal sangat menyenangkan.

Mungkin artikel lucu Anda membuat membuat mereka tersenyum bahagia.

Mungkin artikel tutorial Anda membuat mereka dapat menyelesaikan masalah hanya dalam waktu 15 menit saja yang sebelumnya butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Mungkin artikel Anda yang menginspirasi, banyak sekali membawa perubahan sikap pada mereka di saat mereka mengalami kesempitan dalam hidup.

Artinya apa? Anda sedang membantu orang-orang! Apakah ini tidak cukup alasan untuk tetap berbagi pengetahuan lewat blogging?

Jangan underestimate terhadap blog Anda sendiri. Ada banyak pembaca yang tidak biasa memberi komentar atau mengirimkan pesan kepada Anda, tapi sebenarnya mereka tetap sangat berterima kasih atas manfaat tulisan-tulisan Anda.

3. Anda sedang menambah teman baru
Blog adalah salah satu jenis media sosial, dan media sosial (seperti tergambar dari namanya) adalah semata tentang sosial, tentang bergaul dan bersosialiasi. Melalui blogging Anda tengah membangun sebuah hubungan pertemanan dengan orang-orang baru yang tertarik pada bidang yang sama.

Blog Anda dibaca orang di seluruh dunia, Anda pun mungkin dapat bertemu teman baru yang tinggal sekota. Nama Anda mulai dikenal dan dijadikan rujukan tempat bertanya.

Hubungan dan pertemanan ini adalah sebuah hal yang bernilai, dan tentu saja alasan yang sangat bagus untuk tidak berhenti blogging.

alasan tidak berhenti ngeblog4. Anda sedang membangun sesuatu yang unik
Berapa banyak hal yang Anda lakukan benar-benar memberi kontribusi nyata untuk orang-orang di sekeliling Anda?

Ketika Anda menulis sebuah posting, maka Anda sedang membuat sesuatu yang benar-benar unik. Tulisan Anda adalah unik, berbeda, karena Anda yang menyusun kalimat-kalimatnya. Tidak ada duanya di dunia. Dengan demikian Anda sendang membuat sesuatu yang benar-benar baru untuk dunia!

Dan, tak peduli berapapun jumlah pembacanya, itu adalah hal yang hebat dan luar biasa.

5. Anda sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan
Blogging itu menyenangkan. Anda menulis tentang sesuatu yang Anda sukai. Anda mengumpulkan ide-ide kemudian disajikan untuk orang lain. Anda mendapatkan masukan dan apresiasi dari para pembaca (jika saat ini belum, ini hanya masalah waktu, Anda akan mendapatkannya). Sungguh ini sebuah hal yang menyenangkan bukan?

Banyak blogger, yang ngeblog semata hanya untuk kesenangan dan hobi. Tidak memikirkan uang, tidak memikirkan apapun. Mereka hanya melakukan hal yang membuat mereka senang: berbagi pengetahuan dan manfaat kepada orang lain.

6. Anda sedang menghasilkan uang
Uang memang bukan segalanya, tapi juga tidak ada yang salah jika Anda blogging dengan niat mendapatkan uang.

Meski saat ini, Anda baru bisa mendapatkan beberapa dolar sebulan, itu adalah 'sesuatu' banget bukan? Dan jika saat ini, Anda belum menghasilkan sepeserpun, ini hanya sekadar masalah waktu, jika konsisten dan tidak menyerah, uang akan datang pada waktunya.

Setiap rupiah yang Anda hasilkan dari blog, adalah murni dari hasil kerja keras Anda sendiri. Anda tidak perlu menunggu seseorang memberi pekerjaan.

Dan ini adalah sebuah posisi yang sangat menyenangkan, mendapatkan uang tanpa bergantung kepada orang lain. Meskipun hasil dari blog hanya menyumbangkan sebagaian kecil dari total pemasukan Anda, namun disini Anda memiliki kebebasan, tidak menunggu perintah dari atasan. Hal inilah salah satu alasan kenapa saya akhirnya memutuskan untuk bekerja online secara full-time.

Nah, itulah 6 alasan utama yang sangat bagus, mengapa Anda tidak boleh berhenti dari ngeblog. Jika Anda berada pada saat sulit dan hilang semangat blogging, coba buka dan baca kembali 6 alasan di atas.

Anda memiliki alasan lain yang belum saya sebutkan? Silakan berbagi melalui kolom komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar