Kamis, 07 November 2013

7 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Setiap Blogger

Semua blogger pasti pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat blognya tidak 'berhasil'. Dan itu adalah sesuatu yang wajar.

Sayangnya, tidak semua blogger menyadari bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang tidak semestinya dilakukan. Jika hal ini terus berlarut, maka pada akhirnya akan membuat kerja keras selama ini menjadi sia-sia.

Kesalahan memang 'perlu', karena dari kesalahan itu kita belajar menjadi lebih baik. Namun, sebenarnya ada beberapa hal mendasar, yang jika kita menyadari dan tidak melakukannya, akan sangat membantu Anda membangun blog yang sukses.

Dan inilah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh seorang blogger:

1. Melupakan promosi, hanya fokus ke konten
Tidak ada yang menyangkal bahwa konten adalah 'raja'. Konten adalah hal terpenting dari sebuah blog, karena merupakan urat nadi yang menghidupi sebuah blog. Tapi sebagai blogger, Anda tidak langsung menjadi terkenal dan diperhitungkan sejak hari pertama Anda ngeblog bukan?

Anda butuh melakukan langkah-langkah dasar untuk mengabarkan kepada dunia tentang keberadaan blog Anda. Sehebat apapun, sebagus apapun konten Anda, jika tidak dipromosikan pada awalnya, maka tidak akan ada yang membacanya.

Jadi, jika Anda tidak mempromosikan blog dengan baik, dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang mungkin, dan hanya mengandalkan konten yang bagus, Anda telah melakuan sebuah kesalahan besar.

2. Hanya menulis ulang yang telah ada
Ini yang sering kita lihat, satu berita yang sama, dikupas dari sudut pandang yang sama, disajikan dengan cara yang sama, berulang dan berulang. Menulis kembali apa yang telah disajikan oleh blog lain, mungkin dapat mendatangkan pengunjung dengan cepat karena topik tersebut sedang ramai dicari. Namun jika hal ini berkelanjutan dan menjadi sebuah kebiasaan, maka Anda tidak akan belajar bagaimana menyajikan konten milik Anda sendiri.

Cobalah melakukan riset, mengolah ide, kemudian menyajikannya dengan cara dan sudut pandang berbeda dari yang sudah ada. Anda tidak harus menyajikan sesuatu yang benar-benar baru, namun pastikan bahwa yang Anda berikan bukanlah sesuatu yang hanya sekadar ditulis ulang.

3. Tidak memperhatikan penulisan yang benar
Yang saya maksudkan di sini mencakup: penggunaan tata bahasa, susunan kalimat yang panjang 'njlimet', penggunaan tanda baca yang tidak tepat, serta termasuk salah pengetikan. Meskipun terdengar sepele, namun sangat berdampak besar terhadap kualitas blog secara keseluruhan.

Anda akan tampak lebih profesional, serius dan berkualitas dengan menyajikan tulisan yang bebas dari salah ketik, salah memilih kata dan faktor-faktor lain dalam proses penulisan artikel. Selalu sempatkan waktu, untuk membaca ulang, mengedit artikel Anda, sebelum menekan tombol 'publish'.

4. Memulai dengan niche blogging, lalu melebar kemana-mana
Ini adalah sebuah kesalahan yang dilakukan oleh banyak blogger. Mereka beralasan bahwa tetap bertahan dengan satu niche yang telah dipilih pada awal blogging, membuat pengunjung menjadi terbatas, sehingga mereka menyajikan topik lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche awal, dengan alasan untuk menambah trafik. 

kesalahan blogger yang harus dihindari
Memang, tentu saja tidak ada aturan yang mengharuskan seorang blogger tetap 'setia' dengan satu topik. Namun, pembaca setia, yang mengunjungi kembali blog Anda tentu akan kecewa, menemukan konten yang sama sekali berbeda dari yang selama ini menjadi tren blog Anda. 

Mereka mengunjungi kembali blog Anda, karena mereka percaya bahwa Anda menguasai dan ahli di bidang yang Anda pilih. Kemudian, jika mereka menemukan Anda menyajikan sesuatu yang berbeda, campur aduk, maka kepercayaan tersebut akan hilang.

Coba Anda bayangkan, apa yang Anda pikirkan, jika blog yang selama ini selalu Anda kunjungi untuk mencari informasi tentang kesehatan, tahu-tahu menyajikan berita hasil pertandingan sepak bola?!

Sekali Anda memilih niche terbaik, setialah! Dengan begini, akan terus maju bersama niche tersebut, mencapai level lebih tinggi lagi.

5. Berkomentar di sembarang blog
Berkomentar di blog teman, memang adalah salah satu cara mengenalkan diri, menjalin hubungan sekaligus menarik pengunjung baru. Ada banyak manfaat berkomentar, dan kegiatan seyogyanya menjadi salah satu rutinitas bagi seorang blogger. Namun jika berkomentar ini dilakukan secara serampangan, dimana saja, maka itu menurut saya tidak malah membawa hasil positif, tapi justru sebaliknya.

Yang terbaik adalah, perbanyaklah berkomentar di blog lain (yang saya maksud disini adalah komentar yang bernilai, bukan sekedar basa-basi seperti: thanks gan, nice article! dan sejenisnya, tapi komentar yang mengungkapkan pendapat priadi Anda tentang sesuatu), tapi usahakan untuk memberi komentar bernilai hanya pada niche yang sama dengan niche blog Anda. Jangan berusaha menjadi orang yang tampak ahli di segala bidang, karena itu sama saja dengan menipu diri sendiri.

6. Tidak menerima kritik dan belajar dari situ
Satu hal mesti diingat, tidak semua orang memiliki mindset, pandangan dan pendapat yang sama. Adakalanya (jika belum, hanya soal waktu, pasti suatu saat Anda mengalaminya) Anda akan menerima kritikan, ketidaksetujuan, bahkan mungkin caci maki dari pembaca akibat dari apa Anda tulis. Dan menurut saya itu adalah hal bagus. Kenapa? Karena Anda berhasil membuat orang tertarik dengan tulisan Anda.

Terimalah kritikan. Jawab semua ketidaksetujuan dengan argumen, bukan malah balik 'menyerang' dengan sumpah serapah. Karena jika Anda melakukan hal itu, Anda dengan cepat akan kehilangan pembaca. Ambil pelajaran. Seringkali dari kritikan, Anda mendapat pelajaran sangat berharga.

7. Semua demi uang, bukan kesenangan dan gairah
Semua orang tertarik untuk mendapatkan uang, tidak terkecuali para blogger. Dan memang tidak ada salahnya jika Anda ngeblog untuk mendapatkan uang. Namun, jika blogging semata-mata demi uang, maka semangat utama dari blogging itu sendiri (yaitu: berbagi pengetahuan), menjadi dikesampingkan. Hal ini seringkali menjadikan Anda tidak membuka pola pikir, malas belajar dan akhirnya kehilangan semangat ketika uang belum juga didapatkan seperti yang diharapkan, karena orientasi dan 'isi kepala Anda' hanya melulu bagaimana mendapatkan uang dengan secepat-cepatnya. 

Kondisi ini akan memberikan hasil yang sangat berbeda dibandingkan seandainya Anda ngeblog dengan gairah, dengan kesenangan, dengan semangat berbagi pengetahuan dan informasi kepada orang lain. Dan satu hal ingin saya sampaikan: Jika Anda benar-benar ingin menghasilkan uang dari blog, maka langkah pertama adalah, buang dulu jauh-jauh uang dari kepala Anda! Percayalah, cukup dengan semangat berbagi, uang otomatis akan Anda dapatkan dengan sendirinya. 

Jika Anda baca tulisan saya yang lalu: 5 Hal yang Membuat Blog Anda Belum Bisa Menghasilkan Uang, maka semua hal tersebut bermuara pada satu hal: Anda terlalu money oriented sejak awal blogging.

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger, termasuk saya. Namun, dengan menyadari dan berusaha menghidari kesalahan-kesalahan tersebut, blog kita akan menjadi lebih berkualitas dan siap menuju ke level lebih tinggi. 

Promosikan blog Anda dengan baik, jangan berharap hanya dengan konten yang 'luar biasa', blog Anda akan terkenal. Hindari hanya menulis ulang apa yang telah disajikan oleh orang lain, perhatikan kaidah penulisan dan bahasa yang baik, belajarlah menerima kritikan dan mengambil pelajaran darinya, sementara tetap menjaga gairah semangat utama blogging, yaitu berbagi informasi berguna untuk orang lain; tidak ada yang lebih hebat lagi untuk membuat blog Anda keluar menjadi pemenang. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar