Jumat, 27 September 2013

Jago Desain Logo? Ikut Kontes: Dapat Uang Jutaan Rupiah

Yup! Betul sekali. Ikutan kontes desain logo. Kenapa tidak? Di luar sana banyak sekali orang atau perusahaan mengadakan kontes untuk logo baru mereka. Setiap hari ribuan situs baru dibuat, dan tentu saja mereka butuh logo atau brand bagi bisnis mereka itu.

Sumpah, ini tantangan bagi saya. Saya sendiri sudah sering mengirimkan dan mengikuti puluhan kontes semacam ini, dan alhamdulillah, baru sekitar 7 kali dapat reward (payah kan? Hehehe...).

Tapi tidak apa-apa, toh aku sendiri hanya mengikuti ini ketika senggang. Bila tidak ada kerjaan dari klien atau kerjaan sudah kelar semua, baru corat-coret untuk ikutan kontes. Meski begitu, kalau dipikir-pikir, biarpun seringnya tidak dapat apa-apa, tapi sekali dapat reward, nominalnya cukup besar. Saya sendiri pernah sekali mendapatkan reward sebesar 12 jutaan untuk satu logo.

Mereka yang butuh logo baru, dan lebih senang disayembarakan, biasanya mengadakan kontes melalui situs-situs yang mengkhususkan diri untuk keperluan ini. Mirip seperti situs freelancer, tapi di sini kita hanya dibayar bila desain kita yang terpilih. Yah, namanya juga kontes. Dan mereka memberikan reward antara $200 - $1500, secara rata-rata antara $400 - $800 untuk setiap pembuatan logo. Cukup besar bukan? Jadi kalu 1 bulan dapat 1, sudah lumayan kan?

Dan, sekadar bagi pengalaman saja. Rata-rata dalam satu kontes, biasanya hanya diikuti oleh sekikar 20 - 30 desainer saja. Dan jumlah desain yang dikirimkan rata-rata hanya 60 - 80 desain.

Tapi, itu sangat tergantung dari besarnya reward yang dijanjikan. Semakin besar, semakin banyak peminat yang mau ikut tentunya. Waktu kontes, biasanya cuma satu minggu, tapi kadang diperpanjang oleh penyelenggara sampai dua minggu. Jadi menurut saya, masih oke lah kita bersaing, ya gak?

Bagaimana? Siap ikutan kontes? Langsung saja Anda boleh mendaftarkan diri di beberapa situs di bawah ini.
  • crowdspring.com
  • designcrowd.com
  • creationhero.com
Sebenarnya banyak juga yang lain, tapi tiga itu adalah yang paling saya sukai.

Satu tips buat anda semua, bila anda sudah mengirimkan desain, ikuti terus perkembangannya. Biasanya (hampir selalu) klien akan memberikan feedback barupa tanggapan, saran, apa yang disukai, apa yang tidak disukai, dan sebagainya. Ikuti petunjuk itu, manfaatkan feedback itu untuk perbaikan desain. Cari tahu apa yang diinginkan oleh klien. Intinya jalin komunikasi yang baik dengan klien. Bila anda mengerti apa yang sesungguhnya diinginkan oleh klien, maka kemungkinan besar desain anda yang akan dipilih.

Oya, terakhir. Jika belum beruntung, jangan berkecil hati. Desain yang telah anda buat tadi jangan dibuang. Boleh kok desain itu dikirimkan lagi untuk mengikuti kontes yang lainnya. Tidak mubazir bukan?

Atau kalau mau, kirimkan saja situs di bawah ini, mereka menampung hasil karya desain untuk dipamerkan kepada calon pembeli, bila ada yang minat, mereka akan menghubungi anda, dan anda akan dibayar jika harga telah disepakati. Jadi, tidak ada yang sia-sia. Inilah situsnya:
  • brandcrowd.com
  • dribbble.com
Oke, tunggu apalagi? Jika Anda merasa mampu dan punya bakat kreatif menciptakan logo, segera ikutin kontesnya, dapatkan uang jutaaan rupiah sekali logo Anda terpilih. Semoga bermanfaat.

Salam.

Update: setujuh.com. Situs kontes desain Indonesia, terima kasih buat Mas Andy Tan atas tambahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar