Rabu, 04 September 2013

Permudah Orang Lain untuk Berkomentar Yuk!

Sebelum ini saya pernah menulis tentang manfaat berkomentar di blog orang lain.

Memang banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memberi komentar di blog yang Anda kunjungi. Sudahkah Anda melakukannya sebagai salah satu kegiatan blogging Anda? 

Namun demikian, jika sampai saat ini Anda merasa belum banyak yang mengomentari tulisan-tulisan Anda sendiri, mungkin ada yang salah dengan desain sistem komentar blog Anda.

Dalam hal ini, satu hal yang paling perlu Anda ingat, adalah kenyataan, bahwa semua orang (termasuk saya) sebenarnya adalah para pemalas!

Setiap kali ketika saya ingin memberi komentar di sebuah blog yang mengharuskan saya melakukan sesuatu selain mengisi nama dan alamat emailsaya selalu memilih tidak jadi berkomentar! Kenapa? Karena memang saya pemalas.

Penggunaan CAPTCHA, saya benci captcha. Memang, sekali dua kali saya pernah memaksakan diri memlototi captcha untuk berkomentar, namun hanya jika saya benar-benar merasa sangat tertarik untuk berkomentar. Selebihnya, saya lebih memilih untuk meninggalkan blog tersebut.

Moderasi komentar adalah hal lain yang menurut saya TIDAK perlu dilakukan. Karena ketika Anda mencoba menyaring komentar yang masuk, pengunjung akan merasa bahwa Anda tidak fair. Menganggap Anda curiga dan mementingkan diri sendiri.

Selain itu, orang yang berkomentar cenderung ingin langsung melihat komentarnya muncul, dan dengan memoderasinya, Anda tidak memenuhi harapan mereka. Saya juga dulu melakukannya, tapi sekarang tidak lagi, bahkan sekarang saya menganggap bahwa memoderasi komentar lebih banyak sisi buruknya dibanding keuntungannya.

Jika Anda merasa takut mendapat banyak komentar spam, paling buruknya, Anda tinggal menghapus komentar-komentar tersebut. Dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, sangat jarang ada orang iseng yang menghabiskan waktu mengirim komentar yang tidak perlu. Jadi, biarkan pengunjung Anda mendapat kemudahan untuk mengomentari blog Anda.


Kesimpulannya, inilah beberapa hal yang dapat mencegah pengunjung blog Anda untuk berkomentar. Dan mestinya hal ini tidak perlu dilakukan:
  • CAPTCHA
  • Moderasti komentar
  • Login (seperti bagi Anda yang menggunakan WordPress yang mengharuskan login untuk berkomentar)
  • Konfirmasi email
  • Hal lain yang membuat proses berkomentar menjadi bertele-tele
Itulah beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan jika Anda menginginkan blog Anda ramai menjadi tempat berdiskusi. Anda memiliki pendapat lain? Silakan membaginya melalui kolom komentar di bawah.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar