Kamis, 27 Juni 2013

Tips Sukses Google Adsense IV - Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Ini adalah Bagian ke-4 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca dulu Bagian 3 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan ada 4 faktor utama yang mempengaruhi perolehan penghasilan dari Adsense, yang saya sebut sebagai Rumus Keberhasilan Adsense. Masih ingat bukan? Yaitu:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan.

Nah, mulai dari artikel ini, saya akan mencoba merinci satu persatu faktor di atas. Tentu apa yang akan saya paparkan di sini adalah sebatas pengetahuan dan kemampuan saya. Berdasarkan pengalaman sendiri, juga beberapa pengalaman dari para guru yang telah lebih dulu sukses sebagai blogger.

tips sukses adsense, meningkatkan trafik blog
Trafik tinggi
Adalah kunci dari keberhasilan program Adsense. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin banyak kemungkinan kita mendapatkan klik bukan?

Meningkatkan dan sekaligus menjaga pengunjung blog kita, memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan, kerja keras, kesabaran (dan mungkin sedikit nasib baik, hehehe....). Banyak cara yang ditempuh untuk meningkatkan trafik, juga telah sangat banyak para master (saya sendiri, jujur bukan ahlinya) yang telah mengulasnya panjang lebar. 

Dan inilah beberapa hal yang praktis dan sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan jumlah trafik ke blog kita:
  • Desain blog yang baik dan unik. Bersaing dengan jutaan blog lain di seluruh dunia, adalah sangat penting blog kita tampil seunik dan sebaik mungkin. Pandangan pertama selalu akan berkesan bagi setiap orang, begitu pun kesan pertama dari sebuah blog tentunya adalah desainnya yang bagus. Bagus di sini minimal mudah dalam navigasi, menampilkan semua yang dibutuhkan oleh pengunjung. Blog yang ramai, penuh dengan pernak-pernik (sehingga membuatnya berat), berwarna ngejreng yang membuat mata lelah, sebisa mungkin dihindari, karena justru seringkali tidak disukai oleh pengunjung. Buat pengunjung nyaman berlama-lama membolak-balik halaman blog kita dengan desain yang elegan, manis, ringan, simpel dan mudah, dan yang terpenting: nyaman di mata!
  • Berinteraksi aktif dengan pengunjung. Interaksi yang baik antara pemilik blog dengan pengunjungnya adalah salah satu hal yang akan mendatangkan kunjungan berulang dari pembaca blog. Membalas komentar adalah salah satu caranya. Balaslah secepat mungkin komentar yang masuk, jawab pertanyaan, tanggapi keluhan jika ada. Dan satu hal lagi, panggillah nama orang yang memberi komentar. Ini lebih terkesan akrab, dibandingkan dengan panggilan umum seperti: gan, sobat, dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah memasang widget interaktif di blog. Seperti fasilitas chat, buku tamu dan lain-lain.
  • Komentar di blog lain. Yakin, ini cara paling ampuh untuk mengenalkan diri. Dan ini juga salah satu alasan kenapa situs blog jauh lebih cepat dikenal dibandingkan dengan situs biasa. Karena ada interaksi, ada semacam peraturan tak tertulis di kalangan blogger, jika memberi komentar, maka harus mengomentari balik. Ini sebuah hal yang sangat luar biasa. Jadi, jangan malas meninggalkan jejak di blog orang lain.
  • Update! Update dan Update secara teratur. Menurut saya, tidak ada hal lain yang lebih membuat sebuah blog mati suri, selain jarang diupdate! Postingan atau artikel baru adalah sesuatu yang ditunggu oleh para pembaca. Mereka menantikan ada sesuatu yang baru di blog kita. Update blog sebulan sekali? Hmmm... rasanya mendapatkan trafik tinggi cuma sekadar mimpi (kecuali mungkin, jika blog sobat sudah berisi ratusan artikel tak lekang waktu).
  • Link ke blog orang lain. Rasakan kejutan jika anda tidak pelit menampilkan link ke blog orang lain dengan sukarela. Tidak ada ruginya. Justru dengan begitu, kita akan semakin dihargai oleh blogger lain. Dan satu hal, itu tidak akan mempengaruhi ranking sobat di Google.
  • Konten yang menarik, segar, orisinil, dan bermanfaat. Semua tips di atas, sama sekali tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin hindari untuk copas (copy paste) artikel orang lain, selain itu tidak baik, juga tidak akan bertahan untuk jangka panjang dalam mendatangkan pengunjung yang setia.
  • Optimasi Search Engine. Alias berusaha bagaimana membuat blog kita muncul di SERP terdepan. Sobat semua pasti telah familiar dengan yang satu ini. Saya sendiri, jujur, sama sekali tidak ahli di bidang ini.
  • Tambahkan RSS Feed. Semakin hari semakin banyak orang membaca blog melalui RSS Feed.
  • Daftarkan ke blog direktori. Seringkali postingan kita terindeks oleh mesin pencari lebih baik di blog direktori ini, dibandingkan dari blog kita sendiri. Cara yang cukup ampuh tentunya untuk mendatangkan pengunjung tambahan.
  • Promosi blog lewat media sosial. Ini juga tidak boleh dilewatkan. Manfaatkan sebaik-baiknya media sosial seperti facebook, twiter, google+ dan lain-lain untuk ajang promosi blog. 

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan trafik ke blog kita. Jika sobat memiliki tips jitu yang lain, silakan berbagi dengan kita semua melalui kolom komentar.

Tentu, trafik yang tinggi saja tidak cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense. Dan, pada tulisan berikutnya, kita akan membahas tentang bagaimana mendapatkan iklan bernilai tinggi, faktor kedua dalam Rumus Keberhasilan Adsense. Sampai ketemu di artikel berikutnya. Sukses buat kita semua.

Salam.
Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar