Minggu, 14 Juli 2013

Kenapa Tidak Semua Blogger Menghasilkan Banyak Uang?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman kepada saya adalah: "Bisakah setiap orang menghasilkan uang dari blog?" Saya selalu jawab, Bisa!

Saya telah banyak melihat orang-orang dari segala penjuru dunia mampu menghasilkan uang dengan baik dari blog mereka. Dan para blogger itu datang dari berbagai latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Juga dari latar belakang pendidikan yang beragam. Tapi sama-sama mereka terus mampu menghasilkan uang dari blog. Jadi jawabannya adalah, ya bisa! Setiap orang bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger.

Namun begitu, kenyataannya memang, kebanyakan dari mereka tidak bisa menghasilkan banyak uang. Hanya sedikit dari mereka - para blogger pencari uang - yang bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Kenapa bisa begitu? Inilah beberapa hal yang menurut saya membuat seorang blogger tidak mampu menghasilkan banyak uang dari blog seperti yang diharapkan.
  • Tidak memiliki kemampuan menulis yang baik. Suka atau tidak suka, ngeblog adalah selalu berurusan dengan karya tulis. Membuat blog, apapun tujuannya, adalah berarti kita siap belajar untuk selalu mengasah kemampuan menulis yang baik dan benar. Mencakup wawasan, mendalami topik blog, tata bahasa, sampai kepada cara menulis yang baik dan benar sesuai ejaan dan kaidah bahasa yang digunakan.
  • Topik yang tidak komersil. Benar, topik yang satu akan lebih komersil dibandingkan dengan topik lainnya. Jika tulisan kita tentang topik yang tidak komersil, maka itu sama saja dengan membatasi sumber pendapatan. Cari topik yang dicari banyak oleh pengiklan, misalnya.
  • Tidak memiliki waktu yang cukup. Jika kita ngeblog hanya dengan memanfaatkan waktu luang seadanya, menurut saya akan sangat sulit untuk sukses menghasilkan banyak uang. Saya melihat mereka yang sukses dengan blog mereka, adalah mereka yang mendedikasikan waktu secara maksimal untuk mengurus blog mereka. Ngeblog untuk mencari uang, bukan perkara mudah, dibutuhkan komitmen waktu yang tinggi.
  • Tidak fokus. Ada banyak ide dalam kepala kita, sehingga kita merasa membutuhkan blog baru untuk menuangkannya. Kita juga berpikir, bahwa dengan memiliki lebih banyak blog akan meningkatkan penghasilan. Itu memang ide yang bagus, namun juga harus diingat, jika kita terlalu cepat berpindah dari satu ide ke ide yang lain, dari satu proyek ke proyek yang lain, itu justru malah kontra-produktif. Karena, biasanya akan membuat semua blog yang kita miliki tidak mampu bersaing dengan baik. Boleh saja kita membuat lebih dari satu blog, dengan syarat, blog kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dapat sesukses blog yang pertama dan kita punya cukup waktu untuk mengurus semuanya, dan tentu saja setelah blog yang pertama telah mencapai target yang telah ditentukan.
  • Menyerah terlalu cepat dan kehilangan semangat. Ini penyakit umum yang diderita oleh orang-orang yang tidak sukses, yaitu terlalu cepat menyerah. Dalam kaitannya dengan dunia blogging, saya melihat blog yang sukses adalah blog telah berumur paling tidak satu tahun. Dibutuhkan waktu bagi sebuah blog untuk memberikan hasil yang memuaskan. Nikmati prosesnya, dan jangan terlalu cepat menyerah.
  • Melanggar peraturan dan kebijakan. Sebagai contoh kita mengandalkan program PPC untuk menghasilkan uang dari blog, maka kita tidak boleh melanggar peraturan dan kebijakan dari penyelenggara program tersebut. Hal ini berdasarkan pengamatan saya, menjadi salah satu sebab banyak blogger gugur sebelum mencapai kesuksesan. Karena mereka telah dengan sengaja melanggar kebijakan yang telah disepakati, akhirnya akun-nya dibanned. Biasanya mereka membuat akun baru, lalu mengulangi kesalahan yang sama, begitu seterusnya. Ini jelas, bukan jalan mencapai kesuksesan. Kita hanya akan membuang waktu dan sumber daya dan kita tidak mendapatkan apa-apa. Dan jika anda menjalankan program Adsense, pelajari hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh publisher Adsense.
  • Melupakan tujuan utama dari ngeblog. Saking semangatnya mencari uang, sampai melupakan tujuan utama dari sebuah blog, yaitu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Terlalu fokus mencari, mengolah dan melakukan optimasi iklan, afiliasi, SEO, dan seabrek hal lain yang menurut kita akan membantu mendatangkan uang, dengan melupakan penyajian artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Sungguh, itu tidak akan mendatangkan kesuksesan yang besar.
Itulah beberapa hal yang menurut saya kerap terlupakan, mungkin masih ada banyak faktor lain yang menentukan kesuksesan mendapatkan banyak uang dari blog, tapi menurut saya beberapa hal di atas cukup mewakili dan harus mendapatkan prioritas lebih.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu rekan blogger semua untuk mendapatkan penghasilan maksimal dari blognya masing-masing. Dan ke depan, saya akan terus berbagi hal-hal bermanfaat lainnya, maka dari itu, silakan berlangganan artikel saya, agar jangan sampai terlewatkan. Sukses buat kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar