Minggu, 28 Juli 2013

Tentang Memblok Iklan Adsense yang Tidak Diinginkan

Dalam tips sukses Adsense maupun dalam tips tambahan mendapatkan iklan yang relevan, saya menyebutkan langkah terakhir jika masih saja muncul iklan yang tidak relevan di blog kita adalah dengan memblok iklan-iklan tertentu yang tidak kita inginkan untuk tampil.

Namun di kedua tulisan itu saya tidak menyebutkan bagaimana caranya, karena saya anggap pembaca semua mengerti bagaimana melakukannya. Tapi, karena ada beberapa yang menanyakannya, maka saya tulis di postingan kali ini.

Cara memblok iklan salah satunya adalah dengan memasukkan url iklan yang bersangkutan. Rata-rata yang ditanyakan adalah bagaimana mengetahui url unit iklan yang berbentuk gambar atau multimedia. Satu hal yang pasti adalah, jangan sekali-kali mengklik iklan itu untuk mengetahui url-nya, karena itu adalah melanggar kebijakan Adsense. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Ada dua cara yang bisa dilakukan.
  • Jika anda menggunakan Chrome, yang paling mudah adalah dengan menggunakan Publisher Toolbar. Dengan mengaktifkan toolbar ini dan login ke akun Adsense Anda, Anda bisa melihat setiap url iklan yang tampil di blog Anda. Selain itu, ada manfaat lain dari Publisher Toolbar ini, yaitu Anda dapat mengetahui pendapatan Adsense dan laporan kinerja saluran secara realtime. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik masuk ke akun Adsense hanya untuk mengetahui perkembangan earning Anda. Jadi, jika Anda belum memasangnya, saran saya segera pasang toolbar ini.
  • Cara yang kedua adalah memanfaatkan fasilitas Pusat Peninjauan Iklan di Akun Adsense pada tab Izin Iklan. Di pusat Peninjauan Iklan ini akan tampil iklan apa saja yang tampil di blog Anda dalam. Ada beberapa orang yang menanyakan kenapa mereka tidak melihat iklan ditampilkan di sini. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, Pusat Peninjauan Iklan hanya menampilkan iklan yang tampil di blog Anda 30 hari terakhir, jadi tidak iklan yang tampil dalam rentang waktu tersebut, maka tidak akan ada laporan di sini. Kedua, jika Anda baru saja mengirimkan permintaan opt-in untuk Pusat Peninjauan Iklan ini, tunggu 24 - 48 jam sebelum iklan muncul. Tambahan, trafik yang sangat rendah pun bisa menjadi sebab Pusat Peninjauan Iklan tidak menampilkan apa-apa.
Selain dengan memasukkan url iklan, masih ada beberapa opsi lain untuk memblok iklan, yaitu dengan menentukan Kategori Sensitif, berdasarkan Jaringan Iklan, dan Penayangan Iklan. Silakan Anda pelajari langsung dari Akun Adsense Anda.

Itulah cara memblok iklan, semoga iklan yang tampil di blog kita menjadi lebih relevan, dan ujung-ujungnya mampu memaksimalkan pendapatan. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar