Menghasilkan uang dari blog tidak akan lepas dari masalah jumlah trafik atau pengunjung dan pembaca blog kita. Semakin tinggi trafik, maka semakin tinggi pula peluang mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, ternyata tidak semua trafik berpengaruh langsung bagi pendapatan blog, tergantung darimana mereka berasal.
Dan jika kita mengelompokkan sumber trafik blog kita, maka secara umum kita bisa mengelompokkannya ke dalam tiga jenis sumber trafik, yaitu:
Dan jika kita mengelompokkan sumber trafik blog kita, maka secara umum kita bisa mengelompokkannya ke dalam tiga jenis sumber trafik, yaitu:
- Pembaca setia yang berlangganan blog kita, baik melalui email ataupun melalui RSS Feed
- Pembaca dari mesin pencari (search engine)
- Pembaca dari referal situs lain
Ternyata masing-masing sumber trafik tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan ini mempengaruhi seberapa efektif mereka bagi penghasilan kita dari blog. Mari kita bahas mereka satu per satu.
Pembaca pelanggan setia
Ini merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah blog, semakin banyak orang berlangganan artikel blog kita, maka tentu saja itu berarti nilai blog tersebut semakin bagus. Ketika orang memutuskan untuk berlangganan artikel sebuah blog, maka berarti dia telah merasakan manfaat dari tulisan-tulisan di blog tersebut, pula berarti pembaca telah menaruh kepercayaan terhadap rekomendasi dan saran serta tips-tips dari penulis. Ini membuat ada ikatan yang kuat antara pembaca blog dengan penulisnya. Kenyataannya, sumber trafik ini berdasarkan pengamatan saya, sangat efektif untuk program penjualan produk, baik berupa produk virtual maupun produk fisik. Sumber trafik ini juga cukup efektif untuk program afiliasi, sekali lagi karena pembaca jenis ini telah menaruh kepercayaan yang tinggi kepada penulis.
Di sisi lain, tipe pembaca setia ini sangat tidak efektif untuk program periklanan (advertising). Pembaca ini, setiap hari akan membuka dan membaca postingan terbaru blog, sehingga sudah tidak lagi "memperhatikan" iklan-iklan yang tampil di situ. Inilah yang membuat sumber trafik ini, sangat jarang untuk mengklik iklan (kecuali mungkin sangat pandai menempatkan iklan yang sangat menarik perhatian dalam postingan anda).
Kesimpulannya, sumber trafik ini, sangat baik untuk program sejenis afiliasi atau pun target penjualan produk, tapi sangat buruk untuk program iklan.
Pembaca dari mesin pencari
Sumber trafik ini adalah mereka yang sampai ke blog kita setelah mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari. Karakteristik pengunjung yang satu ini ingin mengetahui informasi sebanyak-banyaknya tentang keyword yang sedang dicari, jika menemukan informasi yang dicarinya, mungkin mereka akan bertahan beberapa lama, namun jika tidak biasanya mereka akan mencari link yang dianggap lebih sesuai dengan informasi yang mereka inginkan, atau segera mereka akan mengklik tombol back dan kembali ke hasil pencarian.
Kebanyakan mereka mungkin hanya bertahan selama 10 detik saja di blog kita. Ini tentu sangat sulit untuk membangun sebuah hubungan yang intens antara pengunjung dengan penulis. Inilah yang menyebabkan trafik dari mesin pencari ini sangat bertolak belakang dengan trafik dari pembaca setia. Untuk itu, sumber ini sangat cocok dengan program contextual advertising semacam Google Adsense, yang mana iklan yang tampil bukan saja menyesuaikan dengan topik blog, tapi juga berdasarkan keyword yang dicari oleh mereka di mesin pencari. Sebaliknya, sumber trafik ini tidak sesuai untuk program penjualan produk atau program afiliasi.
Pembaca dari referal
Karakteristik pembaca dari referal ini sangat tergantung dari banyak hal, seperti dari situs apa, dengan topik apa referal tersebut berasal dan dengan cara apa mereka sampai ke blog kita. Ini menjadikannya sulit untuk mengambil kesimpulan kaitannya dengan penghasilan blog. Namun Secara umum, pembaca dari sumber ini, sulit untuk meningkat pendapatan blog, baik untuk program afiliasi maupun program iklan kontekstual.
Tentu saja, selalu ada sisi baiknya. Mereka, bisa dikatakan adalah pembaca yang baru pertama kali mengunjungi blog kita, tentu terbuka kesempatan untuk menjadikan mereka sebagai pembaca setia dengan manfaat artikel yang kita sajikan di blog kita.
Itulah tiga jenis pembaca yang datang dari arah berbeda, yang memiliki karakteristik berbeda, dan tentu saja memberikan andil yang berbeda untuk earning blog. Kesimpulannya, dari mana pun pembaca berasal, mereka tetap merupakan aset yang mesti dijaga dengan selalu memberikan artikel dan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang.
Jika anda semua memiliki pandangan lain, saya ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini. Senang jika Anda bisa berbagi melalui kolom komentar. Sukses buat kita semua.
Salam.
Pembaca pelanggan setia
Ini merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah blog, semakin banyak orang berlangganan artikel blog kita, maka tentu saja itu berarti nilai blog tersebut semakin bagus. Ketika orang memutuskan untuk berlangganan artikel sebuah blog, maka berarti dia telah merasakan manfaat dari tulisan-tulisan di blog tersebut, pula berarti pembaca telah menaruh kepercayaan terhadap rekomendasi dan saran serta tips-tips dari penulis. Ini membuat ada ikatan yang kuat antara pembaca blog dengan penulisnya. Kenyataannya, sumber trafik ini berdasarkan pengamatan saya, sangat efektif untuk program penjualan produk, baik berupa produk virtual maupun produk fisik. Sumber trafik ini juga cukup efektif untuk program afiliasi, sekali lagi karena pembaca jenis ini telah menaruh kepercayaan yang tinggi kepada penulis.
Di sisi lain, tipe pembaca setia ini sangat tidak efektif untuk program periklanan (advertising). Pembaca ini, setiap hari akan membuka dan membaca postingan terbaru blog, sehingga sudah tidak lagi "memperhatikan" iklan-iklan yang tampil di situ. Inilah yang membuat sumber trafik ini, sangat jarang untuk mengklik iklan (kecuali mungkin sangat pandai menempatkan iklan yang sangat menarik perhatian dalam postingan anda).
Kesimpulannya, sumber trafik ini, sangat baik untuk program sejenis afiliasi atau pun target penjualan produk, tapi sangat buruk untuk program iklan.
Pembaca dari mesin pencari
Sumber trafik ini adalah mereka yang sampai ke blog kita setelah mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari. Karakteristik pengunjung yang satu ini ingin mengetahui informasi sebanyak-banyaknya tentang keyword yang sedang dicari, jika menemukan informasi yang dicarinya, mungkin mereka akan bertahan beberapa lama, namun jika tidak biasanya mereka akan mencari link yang dianggap lebih sesuai dengan informasi yang mereka inginkan, atau segera mereka akan mengklik tombol back dan kembali ke hasil pencarian.
Kebanyakan mereka mungkin hanya bertahan selama 10 detik saja di blog kita. Ini tentu sangat sulit untuk membangun sebuah hubungan yang intens antara pengunjung dengan penulis. Inilah yang menyebabkan trafik dari mesin pencari ini sangat bertolak belakang dengan trafik dari pembaca setia. Untuk itu, sumber ini sangat cocok dengan program contextual advertising semacam Google Adsense, yang mana iklan yang tampil bukan saja menyesuaikan dengan topik blog, tapi juga berdasarkan keyword yang dicari oleh mereka di mesin pencari. Sebaliknya, sumber trafik ini tidak sesuai untuk program penjualan produk atau program afiliasi.
Pembaca dari referal
Karakteristik pembaca dari referal ini sangat tergantung dari banyak hal, seperti dari situs apa, dengan topik apa referal tersebut berasal dan dengan cara apa mereka sampai ke blog kita. Ini menjadikannya sulit untuk mengambil kesimpulan kaitannya dengan penghasilan blog. Namun Secara umum, pembaca dari sumber ini, sulit untuk meningkat pendapatan blog, baik untuk program afiliasi maupun program iklan kontekstual.
Tentu saja, selalu ada sisi baiknya. Mereka, bisa dikatakan adalah pembaca yang baru pertama kali mengunjungi blog kita, tentu terbuka kesempatan untuk menjadikan mereka sebagai pembaca setia dengan manfaat artikel yang kita sajikan di blog kita.
Itulah tiga jenis pembaca yang datang dari arah berbeda, yang memiliki karakteristik berbeda, dan tentu saja memberikan andil yang berbeda untuk earning blog. Kesimpulannya, dari mana pun pembaca berasal, mereka tetap merupakan aset yang mesti dijaga dengan selalu memberikan artikel dan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang.
Jika anda semua memiliki pandangan lain, saya ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini. Senang jika Anda bisa berbagi melalui kolom komentar. Sukses buat kita semua.
Salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar