Rabu, 31 Juli 2013

Sumber Informasi Terpercaya Tentang Google Adsense

Sebagai publisher Adsense tentu saja dari waktu ke waktu kita ingin terus belajar mengelola Adsense semakin baik, tujuannya tiada lain untuk memaksimalkan hasil dari menjalankan program Adsense ini. 

Nah, untuk belajar menambah pengetahuan serta mendapatkan info-info terbaru seputar Adsense, seperti tentang kebijakan baru, info, tips juga berbagi pengalaman dengan publisher Adsense lainnya, tentu kita butuh sumber informasi terpercaya tentang segala tetek bengek Adsense ini.

Berikut ini adalah sumber-sumber terpercaya yang bisa kita jadikan acuan dan pegangan dalam mengelola aku Adsense kita. Bahkan, kalau menurut hemat saya, jika kita ingin serius menjalani dan bermaksud mendapatkan hasil semaksimal mungkin dari Adsense, ini adalah tempat-tempat yang wajib kita kunjungi.
  1. Kebijakan program AdSense. Bagi Anda yang masih bingung tentang kebijakan Adsense atau bagi Anda yang baru saja ancang-ancang untuk mendaftar sebagai publisher Adsense, ini tempat yang sangat tepat untuk mencari tahu.
  2. Akademi Adsense. Cocok bagi Anda yang baru saja memulai program Adsense. Dengan mengikuti langkah per langkah dari akademi Adsense ini, Anda akan mengerti banyak tentang bagaimana menjalankan program Adsense dengan baik dan benar.
  3. Google+ Resmi Adsense. Ada banyak informasi bermanfaat bisa didapatkan di sini. Seperti tips, info terbaru, saran dari pakar Adsense dan lain sebagainya. Jadi, rugi jika kita menyia-nyiakan sumber informasi yang sangat penting ini.
  4. Komunitas Publisher Adsense. Publisher dari seluruh dunia berkumpul di sini untuk saling berbagi pengalaman dan tips-tips suksesnya. Dapatkan tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat menuju kesuksesan.
  5. Forum Adsense. Setiap hari selalu ada diskusi-diskusi menarik tentang optimasi Adsense dan seputar pengelolaan Adsense. Anda pun bisa ikut ambil bagian dan dapatkan manfaat yang luar biasa.
  6. Official Blog Adsense. Hampir semua pertanyaan kita tentang Adsense dapat ditemukan jawabannya di sini, langsung dijawab oleh para pakar Adsense. Setiap ada informasi terbaru, update kebijakan, penambahan fitur dan lain sebagainya, secara teratur diposting di sini. Jadi, sangatlah rugi jika kita tidak berlangganan artikel-artikel dari blog resmi Adsense ini.
Itulah beberapa tempat yang menurut saya wajib diikuti untuk selalu mengetahui perkembangan terbaru, mendapatkan strategi dan tips jitu dalam optimasi Adsense, yang semua itu pada akhirnya akan membuat kita mencapai sukses. Semoga bermanfaat.

Salam.

Otorisasi Situs yang Menampilkan Adsense Anda

Mengawali artikel saya kali ini, yuk kita berandai-andai sejenak. Anggap saja ada orang yang sirik sama kita, dia tidak mau melihat kita sukses ngeblog dengan menjadi publisher Adsense.

Terus dia 'curi' tuh ID pub Adsense kita, terus dia pasang di blog / situs yang jelas-jelas melanggar kebijakan Adsense, seperti situs perjudian, situs dengan konten dewasa, blog 100% copas, dan lain sebagainya. Nah, kira-kira menurut Anda, bagaimana 'perasaan' Google?

Tentu saja, Google pasti tidak senang dengan hal ini, mending kalau sekadar tidak senang, bagaimana kalau langsung main banned? Waduh, tamat deh riwayat kita. (Maaf, ini skenario yang buruk sebenarnya, tapi namanya juga lagi berandai-andai kan? Hehehe...) Namun jelas, kemungkinan itu bisa saja terjadi.

Lalu, bagaimana cara kita mengantisipasi hal ini? Bersyukurlah karena Adsense sendiri telah memperhitungkan kemungkinan hal seperti ini dengan menyediakan fitur otorisasi situs untuk menampilkan iklan Adsense. Yaitu sebuah fitur yang mengatur situs mana saja yang boleh menayangkan iklan Adsense Anda. Dengan cara ini, walaupun ada yang sirik (atau iseng?) seperti skenario di atas, tidak lagi berpengaruh.

Cara mengaturnya sangat mudah, Anda tinggal login ke akun Adsense Anda, kemudian pada bagian Account Setting lihat kelompok Access and authorization, tepat di bawahnya ada tulisan Sites authorized to show ads. Nah, di situ kita bisa menentukan situs mana saja yang kita ijinkan untuk memasang iklan Adsense akun kita.

Otorisasi situs yang menampilkan iklan Adsense

Jika sudah, sekarang kita bisa tidur dengan tenang, tanpa takut akun kita 'dibajak' oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hehehe.... Oya, sebenarnya dengan mengotorisasi situs ini, tidak berarti iklan dari akun Adsense kita tidak bisa tampil di situs lain, iklannya tetap tampil tapi kita tidak akan mendapatkan earning dari situs-situs selain yang telah kita beri otorisasi. Tips tambahan, jika Anda melihat ada aktifitas yang mencurigakan di situs / blog Anda, terutama mengenai klik tidak valid (bom klik) pada iklan Adsense, segera laporkan hal ini kepada Google melalui Formulir Kontak Klik Tidak Valid. Semoga bermanfaat.

Salam.

8 Hal yang Membuat Blog Anda Tidak Menghasilkan Uang

Hampir semua blogger yang baru memulai mencari uang dari blog mereka, begitu bersemangat. Mereka mulai menulis artikel, mempromosikan blog, memasang iklan, melakukan optimasi SEO dan sederet langkah lain yang diperlukan, dengan satu tujuan: uang!

Namun, ternyata setelah beberapa bulan berjalan, mereka melihat kenyataan bahwa blog mereka tidak menghasilkan apa-apa, jikalau pun menghasilkan uang, nilainya sangat jauh dari harapan. Sehingga mereka akhirnya mengajukan pertanyaan: kenapa blog saya tidak menghasilkan uang? Sebuah pertanyaan yang paling sering diajukan para blogger pemula.

Melengkapi tulisan saya sebelumnya, kenapa tidak semua blogger menghasilkan banyak uang, melalui tulisan ini saya mencoba menjawab pertanyaan 'besar' di atas. Yaitu, kenapa blog saya tidak menghasilkan uang? Sejauh ini saya mencatat ada 8 hal yang paling banyak membuat sebuah blog tidak menghasilkan 'apa-apa'. Inilah kedelapan hal tersebut:
  • Trafik yang rendah. Ini adalah hal yang paling utama. Trafik! Anda tidak mungkin bisa menghasilkan uang jika tidak ada atau sangat sedikit orang yang mengunjungi blog Anda. Jalan keluarnya? Beri perhatian lebih untuk mendatangkan lebih banyak pembaca untuk blog Anda.
  • Penempatan iklan yang kurang tepat. Penempatan iklan yang kurang tepat menjadi salah satu faktor yang banyak menyebabkan seorang blogger gagal memaksimalkan pendapatan. Yang paling sering terjadi adalah memenuhi seluruh blog dengan banyak iklan. Bukankah sangat menjengkelkan melihat begitu banyak iklan memenuhi seluruh ruang blog? Namun, adakalanya juga terjadi sebaliknya, yaitu seorang blogger 'takut' untuk memperlihatkan iklannya kepada pengunjung dengan menaruhnya di tempat yang 'tersembunyi' sehingga otomatis pendapatan pun akan berkurang. Tempatkan iklan di tempat semestinya iklan berada, tanpa harus menggangu kenyamanan pengunjung. Penempatan iklan yang tepat, ditambah dengan desain iklan yang baik, akan mampu menaikkan pendapatan blog secara signifikan.
  • Konten tidak berkualitas. Anda harus membuat konten berkualitas dan unik untuk mendapatkan trafik dan popularitas dan memenangkan persaingan di 'dunia blogging'. Siapa yang akan membaca blog Anda jika isinya adalah hasil copas dari blog lain?
  • Tidak mempromosikan halaman yang memiliki trafik dan penghasilan tertinggi dengan baik. Banyak blogger tidak begitu memperhatikan hal yang satu ini, dan gagal mengidentifikasi halaman mana dari blognya yang memberikan trafik atau penghasilan tertinggi. Beri perhatian khusus pada halaman 'pilar' Anda. Promosikan lebih halaman tersebut, melalui sosial media misalnya. Lakukan langkah SEO khusus untuk mendongkrak SERP halaman-halaman tersebut. Pada akhirnya, pendapatan Anda akan meningkat.
  • Menyerah sebelum waktunya. Sesungguhnya tidak ada waktu untuk menyerah, karena sekali kita menyerah, maka selesailah sudah semuanya. Tapi kenyataannya, banyak blogger merasa 'frustasi' begitu melihat blognya tidak menghasilkan seperti yang diharapkan. Ingatlah satu hal, Anda tidak akan bisa menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat dari blog. Saya selalu melihat mereka yang sukses, adalah mereka yang mampu bertahan, paling tidak di satu tahun pertama. Mencari uang dari blog, bukan jalan cepat, beri waktu pada diri sendiri untuk memetik hasil di tahun depan.
  • Tidak konsisten. Mengupdate artikel sebulan sekali? Sama sekali tidak berguna. Blog yang berhasil adalah blog yang secara konsisten menyajikan artikel baru teratur dalam rentang waktu yang relatif pendek, basis harian adalah yang terbaik. Jika Anda memiliki kesibukan lain, manfaatkan fitur schedule untuk 3 hari ke depan dengan menyiapkan 3 artikel terbaru Anda.
  • Menjadi orang kebanyakan. Hal ini memang agak sulit, terutama bagi mereka yang baru memulai ngeblog. Bingung memilih topik, desain, gaya penulisan dan sebagainya, sehingga akhirnya terjebak mengikuti tren orang kebanyakan. Satu hal yang selalu berlaku: orang-orang menyukai 'keunikan'. Anda harus menyiapkan strategi dan menyajikan konten yang unik. Beranilah untuk berbeda! Beranilah untuk keluar dari 'kebiasaan', yakin Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung blog Anda.
  • Yang ada dalam isi kepala Anda hanyalah uang. Ngeblog adalah masalah 'gairah'. Lakukanlah itu karena memang Anda menyukainya, bukan karena uang menari-nari di pelupuk mata Anda. Percayalah semakin kita tidak memikirkan uang, semakin mereka mendatangi kita dengan deras. Jaga selalu agar pembaca Anda 'senang'. Buatlah komunitas setia yang mencintai Anda. Hal itu akan bermanfaat untuk jangka panjang. Dan ngeblog memang adalah investasi jangka panjang.
Itulah 8 hal yang dapat saya pikirkan, yang akan membuat blog Anda tidak menghasilkan apa-apa. Jadi jika Anda berniat bisa menghasilkan uang dari blog, maka hal tersebut di atas harus dihindari. Mungkin setelah membaca tulisan ini, semakin banyak pertanyaan dalam kepala Anda, atau bisa jadi Anda memiliki hal lain untuk melengkapi daftar di atas, mari kita berdiskusi dan berbagi, buatlah kolom komentar menjadi berfungsi. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Contoh Halaman Kebijakan Privasi Untuk Publisher Adsense

Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh Google Adsense dalam menerima mereka yang melamar menjadi publisher-nya adalah adanya halaman kebijakan privasi (privacy policy) di situs atau blog mereka. Google memang menaruh perhatian khusus terhadap masalah privasi ini, sehingga bagi Anda yang ingin menjadi publisher Adsense wajib menampilkan halaman kebijakan privasi di blog Anda.

Saya sendiri, sering dimintai pendapat atau dimintai bantuan untuk mereview blog teman-teman yang akan mendaftar Adsense atau yang sudah mendaftar namun ditolak. Dan jika saya tidak menemukan adanya halaman kebijakan privasi ini, maka hal pertama yang saya sarankan kepada mereka adalah segera membuat halaman kebijakan privasi ini.

Namun, banyak juga di antara mereka yang masih bingung bagaimana membuat redaksi untuk halaman privasi mereka. Untuk itu kali ini saya berbagi contoh halaman privacy policy yang sesuai untuk Anda yang ingin menjadi publisher Adsense. Saya juga mempersilakan jika Anda ingin menggunakannya untuk blog Anda. Inilah contohnya:

Kebijakan Privasi untuk ______.com

Privasi Anda sebagai pengunjung ______.com adalah hal yang sangat penting bagi kami.

Di ______.com kami menganggap bahwa privasi dari informasi pribadi Anda adalah hal yang penting. Dan inilah keterangan mengenai informasi apa saja yang kami terima dan kami kumpulkan pada saat Anda mengunjungi ______.com dan bagaimana kami menyimpan serta menjaga informasi tersebut. Kami tegaskan bahwa kami tidak akan pernah memberikan informasi tersebut kepada pihak ketiga.

Tentang file log
Seperti kebanyakan situs lain, kami mengumpulkan dan menggunakan data yang terdapat pada file log. Informasi yang terdapat pada file log termasuk alamat IP (Internet Protocol) Anda, ISP (Internet Service Provider), browser yang Anda gunakan, waktu pada saat Anda berkunjung dan halaman mana saja yang Anda buka selama berkunjung di ______.com.

Tentang cookies
Situs kami menggunakan cookies untuk menaruh informasi, seperti informasi preferensi pribadi Anda pada saat mengunjungi situs kami. Ini juga mungkin termasuk untuk menampilkan jendela pop up untuk kunjungan pertama Anda, atau juga untuk menyimpan informasi login Anda di situs kami.

______.com juga menggunakan iklan dari pihak ketiga untuk mendukung situs kami. Beberapa penayang iklan ini mungkin menggunakan cookies ketika menampilkan iklan di situs kami, yang juga mengirimkan kepada pemasang iklan (seperti Google melalui program Adsense) informasi seperti alamat IP (Internet Protocol) Anda, ISP (Internet Servide Provider), browser internet yang Anda gunakan dan sebagainya. Hal ini biasanya digunakan untuk tujuan penargetan iklan berdasarkan lokasi (seperti menampilkan iklan properti di Jakarta, misalnya) atau menampilkan iklan yang sesuai berdasarkan situs-situs yang telah Anda kunjungi (seperti menampilkan iklan gadget bagi Anda yang kerap mengunjungi situs-situs gadget, misalnya).

Anda dapat memilih untuk men-disable cookies melalui setelan pada browser Anda, atau melalui setting pada program semacam Norton Internet Security atau yang lainnya. Namun demikian, hal ini dapat mempengaruhi pengalaman Anda dalam berinteraksi dengan situs kami sebagaimana juga dengan situs lainnya. Termasuk Anda tidak bisa masuk ke layanan kami, seperti login ke forum atau ke akun yang Anda miliki.

Itulah contoh halaman privacy policy yang boleh Anda gunakan sebagai acuan. Anda tinggal mengubah beberapa hal untuk disesuaikan dengan situs atau blog Anda. Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Bidvertiser - Alternatif Monetisasi Blog

Satu alternatif lagi bagi Anda untuk memonetisasi situs atau blog yang Anda miliki. Sistem yang digunakan oleh Bidvertiser adalah per per click (PPC), yaitu kita akan mendapatkan bayaran, jika ada orang yang mengklik iklan yang ditampilkan, namun Bidvertiser juga menjanjikan penghasilan lebih jika sebuah klik menghasilkan konversi. 

Untuk mendapatkan uang dari Bidvertiser cukup mudah, Anda tinggal mendaftar sebagai publisher, mengisi form yang disediakan termasuk alamat situ atau blog Anda, dan semuanya gratis. 

Dan untuk menambah potensi penghasilan kita, Bidvertiser juga memiliki program referral. Program ini berlaku untuk dua sisi, baik referral untuk advertiser maupun untuk publisher. Untuk advertiser, kita akan mendapatkan tambahan penghasilan sebesar $5, jika advertiser sudah belanja iklan sebesar $10, dan jika advertiser tersebut telah mengeluarkan biaya iklan sebesar $50, kita mendapatkan tambahan lagi sebesar $20.

Sedangkan untuk referral kita sebagai publisher, kita akan dibayar $10 ketika referral kita mendapatkan $10-nya yang pertama, dan jika telah menghasilkan $50, kita mendapatkan tambahan sebesar $40. Hmmm... cukup besar bukan?

mencari uang dari Bidvertiser | Rahasia cari uang dari internet
www.bidvertiser.com
Dan inilah beberapa hal tentang Bidvertiser yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengikuti program publishernya.
  • Pembayaran bisa dilakukan jika telah mencapai saldo $10 melalui Paypal. Selain Paypal, bidvertiser juga menyediakan cara pembayaran yang lain, yaitu cek dan Western Union dengan batas minimum $100, dan wire transfer (transfer langsung ke rekening bank kita) dengan saldo minimum $500. Jadi dalam urusan cara pembayaran Bidvertiser lebih fleksibel dibanding program PPC lainnya, semisal Adsense yang hanya mendukung pembayaran melalui cek dan Western Union saja (untuk publisher Indonesia saat ini).
  • Bidvertiser akan menampilkan iklan yang bernilai paling tinggi, karena menggunakan sistem lelang harga bagi advertisernya.
  • Untuk menjadi publishernya, Bidvertiser menetapkan syarat yang cukup ketat berkaitan dengan konten situs / blog. Di antaranya: tidak boleh untuk konten dewasa, obat-obat terlarang, konten kekerasan terhadap anak, dan konten yang menganjurkan atau kebencian terhadap kelompok tertentu. Juga tidak memperkenankan konten berisi aktifitas ilegal, seperti hacking, spamming, dan pembajakan software.
  • Ada beberapa ukuran unit iklan yang disediakan, yaitu: Banner (468x60) dan (728x90), Skycrapers (160x600), (120X600), dan (300x600), Rectangle (300x250) dan (336x280), dan unit iklan untuk mobile (300x50).
  • Dan syarat ketentuan lainnya, yang sedikit banyak memiliki kesamaan dengan Google Adsense. Untuk lebih jelasnya silakan Anda buka websitenya langsung.
Sebagai alternatif sumber penghasilan tambahan untuk blog kita, Bidvertiser layak untuk dicoba, dari berbagai sumber saya lihat tidak ada masalah dengan penyedia program perikalanan yang satu ini. Bagi Anda yang ingin segera bergabung, Anda bisa mendaftarkan diri disini. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Selasa, 30 Juli 2013

Benarkah Penghasilan dari Blog Adalah Passive Income?

Pada waktu awal-awal dulu saya mencoba mendapatkan uang dari blog, saya sering membaca dan mendengar bahwa penghasilan dari blog adalah termasuk passive income atau penghasilan pasif.

Saya pikir, wah kalau begitu saya juga harus membuat blog untuk mencari uang. Siapa sih yang tidak ingin memiliki sumber penghasilan pasif? Yang bisa dinikmati seumur-umur tanpa harus kerja keras? Itulah yang ada dalam isi kepala saya waktu itu.

Namun, setelah sekarang saya jalani, ternyata saya 'kecewa' dan mulai berubah pikiran. Dan saya lalu mempertanyakan: apa benar penghasilan dari ngeblog termasuk passive income? 

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya kita definisikan dulu, apa sebenarnya dimaksud dengan istilah passive income?

Saya temukan salah satu definisinya di wikipedia, disitu passive income diartikan sebagai "an income received on a regular basis, with little effort required to maintain it". 

Atau sebuah sumber penghasilan yang diterima secara teratur, dengan sedikit usaha untuk mempertahankannya atau mengelolanya. Lebih lanjut wiki pun memberikan contoh pemasukan yang tergolong ke dalam passive income ini, yaitu:
  • penghasilan dari bisnis yang tidak membutuhkan keterlibatan langsung dari pemiliknya
  • sewa properti
  • royalti dari penerbitan buku atau lisensi dari hak paten atau hak kekayaan intelektual lainnya
  • penghasilan dari periklanan internet di sebuah situs
  • dividen dari kepemilikan saham, dan
  • pensiunan
Seperti kita lihat pada poin keempat dari contoh di atas, terdapat penghasilan dari program periklanan internet di situs / blog. Jadi menurut wiki, mendapatkan uang dari blog dengan program periklanan adalah termasuk penghasilan pasif.

Tapi dari definisi yang diberikan, saya memberi perhatian lebih terhadap kalimat 'dengan sedikit usaha untuk mempertahankannya atau mengelolanya', sekarang pertanyaannya adalah: benarkah hanya diperlukan usaha yang sedikit untuk terus mendapatkan uang dari blog?

Dari banyak pengalaman mereka yang telah sukses di dunia blogging, (dan dari apa yang saya rasakan sendiri), ternyata untuk dapat menghasilkan uang dengan baik dari sebuah blog, diperlukan kerja keras yang luar biasa. Bukan dengan sedikit usaha, apalagi tidak berbuat apa-apa. Banyak hal yang harus dilakukan, seperti:
  • membuat posting setiap hari
  • bekerja keras untuk mempromosikan blog dan mendatangkan pengunjung
  • bekerja keras untuk menjaga sumber pendapatan, seperti menyiapkan produk, mencari sumber pendapatan baru, melayani klien yang memasang iklan, atau jika menjalankan program contextual ads seperti Adsense, maka harus terus memonitor dan melakukan optimasi, dan sebagainya
  • dan kerja keras di faktor lainnya, seperti SEO, memenej akun sosial media, membalas email, menjawab pertanyaan, memoderasi komentar, belum lagi masalah desain blog, 'mengawasi' pesaing, dan lain sebagainya.
Ada banyak hal yang mesti dikerjakan secara fokus, tidak setengah-setengah serta butuh kerja keras. Itulah yang membuat saya kembali bertanya, apakah mendapatkan dari blog masih bisa disebut sebagai passive income? Bagaimana pendapat Anda?

Salam.

Senin, 29 Juli 2013

Hitungan Sederhana di Balik CPM dan CPC

Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang menanyakan berbagai hal kepada saya, baik melalui Facebook, email maupun dari komentar-komentarnya di blog ini, karena banyak dari pertanyaan-pertanyaan mereka saya mendapatkan ide untuk menulis artikel.

Salah satu dari hal yang sering juga ditanyakan kepada saya adalah tentang pengertian istilah-istilah yang digunakan program periklanan semisal Google Adsense. Di antaranya adalah pengertian CPM dan CPC. Dan kali ini saya coba menjelaskan, bukan hanya pengertian dari istilah itu, tapi juga mencoba membicarakan tentang rumus dan hitungan di balik istilah tersebut. Sebagai blogger yang akrab dengan dunia periklanan tentu saja kita dituntut lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan internet advertising.

Mari kita bahas satu-satu:

Rumus CPM
CPM adalah kependekan dari Cost per Mille. Mille sendiri berasal dari Bahasa Latin yang berarti seribu, jadi CPM jika diterjemahkan menjadi bayar per seribu. Dalam hal periklanan ini berarti pengiklan akan membayar per 1000 impresi (atau biasa juga disebut page view atau tampilan halaman) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di situs/blog kita. Ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dalam dunia periklanan internet. Besaran nilai dari CPM berkisar dari mulai $0,1 - $25 atau lebih, tergantung dari ukuran, penempatan dan nilai situs/blognya sendiri.

Mari ambil sebuah contoh. Misalkan Anda mengikuti program jaringan periklanan yang menawarkan iklan dengan nilai $5 CPM untuk sebuah banner berukuran 300x250 untuk ditampilkan di bagian atas situs/blog Anda. Kemudian Anda memasangnya di blog Anda dan mendapatkan 100.000 page view dalam sebulan, maka Anda akan mendapatkan bayaran sebesar $5 x 120.000 / 1.000. Rumusnya:

Pendapatan = CPM x (total impresi / 1.000)

Yang perlu diingat adalah, kita harus membagi total tayangan halaman dengan 1.000, karena harga CPM adalah berdasar per 1.000 tayangan halaman. Jadi dalam contoh di atas, mudahnya adalah $5 x 100 = $500.

Sekarang mari kita balik rumus tersebut. Andaikan Anda menawarkan space 125x125 untuk sidebar blog Anda, dan Anda menetapkan harga tetap sebesar $100 per bulan. Blog Anda sendiri memiliki page view sebanyak 100.000 kali per bulan. Dan pada suatu hari, ada seorang advertiser (yang tertarik memasang iklan di blog Anda), menanyakan berapa CPM untuk space yang Anda tawarkan. Bagaimana Anda memberikan jawaban?

CPM = harga yang ditetapkan / (total impresi / 1.000)

Sederhana. Anda tinggal membagi harga yang Anda tetapkan ($100) dengan total impresi dalam ribuan (100), sehingga $100 / 100, jadi harga efektif untuk space iklan 125x125 di sidebar blog Anda senilai $1.

Rumus CPC
CPC adalah kependekan dari Cost per Click, jika diterjemahkan menjadi Bayar per Klik (BPK). Ini juga salah satu model periklanan yang sangat populer dan paling banyak digunakan. Program periklanan semisal Google Adwords/Adsense juga menggunakan model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan akan membayar sejumlah nilai uang untuk setiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bervariasi, antara $0,1 - $50 atau lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem yang digunakan oleh Adsense, misalnya, silakan baca artikel saya sebelumnya, mengenal penetapan harga cerdik oleh Adsense.

Kita kembali ke CPC, rumusnya sangat-sangat sederhana:

Pendapatan = CPC x jumlah klik

Jika rata nilai CPC untuk blog Anda sebesar $0,1 dan Anda mendapatkan sebanyak 1000 klik per bulan, maka penghasilan Anda sebesar $0,1 x 1000 = $100.

Sekarang, mari kita balik seperti contoh untuk CPM. Andaikan Anda menawarkan space 728x90 (leaderboard) di header blog Anda senilai $500 dan biasanya rata-rata space tersebut mendapatkan sebanyak 2.500 klik per bulan. Suatu hari ada seorang advertiser menawar space tersebut dan menanyakan berapa harga rata-rata CPC blog Anda? Kembali ke rumus:

CPC = harga tetap per bulan / jumlah banyaknya klik

Sekali lagi, yang harus diingat adalah 'cost per click' atau bayar per klik, jadi Anda tinggal membagi harga yang ditetapkan dengan jumlah rata-rata klik per bulan. Sehingga hitungannya $500 / 2.500 = $0,2 jadi nilai rata CPC-nya sebesar $0,2.

Selain 2 model di atas, masih ada lagi model lainnya, seperti CPA (Cost per Action), CPL (Cost per Lead) dan CPS (Cost per Sale) yang kesemuanya itu sangat mirip dengan perhitungan CPC. Insya Allah suatu hari saya juga akan mengulas tentang model periklanan tersebut.

Semoga setelah membaca artikel ini, kita menjadi lebih paham dengan istilah dan perhitungan di balik model periklanan yang sehari-hari kita geluti. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Minggu, 28 Juli 2013

Tentang Memblok Iklan Adsense yang Tidak Diinginkan

Dalam tips sukses Adsense maupun dalam tips tambahan mendapatkan iklan yang relevan, saya menyebutkan langkah terakhir jika masih saja muncul iklan yang tidak relevan di blog kita adalah dengan memblok iklan-iklan tertentu yang tidak kita inginkan untuk tampil.

Namun di kedua tulisan itu saya tidak menyebutkan bagaimana caranya, karena saya anggap pembaca semua mengerti bagaimana melakukannya. Tapi, karena ada beberapa yang menanyakannya, maka saya tulis di postingan kali ini.

Cara memblok iklan salah satunya adalah dengan memasukkan url iklan yang bersangkutan. Rata-rata yang ditanyakan adalah bagaimana mengetahui url unit iklan yang berbentuk gambar atau multimedia. Satu hal yang pasti adalah, jangan sekali-kali mengklik iklan itu untuk mengetahui url-nya, karena itu adalah melanggar kebijakan Adsense. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Ada dua cara yang bisa dilakukan.
  • Jika anda menggunakan Chrome, yang paling mudah adalah dengan menggunakan Publisher Toolbar. Dengan mengaktifkan toolbar ini dan login ke akun Adsense Anda, Anda bisa melihat setiap url iklan yang tampil di blog Anda. Selain itu, ada manfaat lain dari Publisher Toolbar ini, yaitu Anda dapat mengetahui pendapatan Adsense dan laporan kinerja saluran secara realtime. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik masuk ke akun Adsense hanya untuk mengetahui perkembangan earning Anda. Jadi, jika Anda belum memasangnya, saran saya segera pasang toolbar ini.
  • Cara yang kedua adalah memanfaatkan fasilitas Pusat Peninjauan Iklan di Akun Adsense pada tab Izin Iklan. Di pusat Peninjauan Iklan ini akan tampil iklan apa saja yang tampil di blog Anda dalam. Ada beberapa orang yang menanyakan kenapa mereka tidak melihat iklan ditampilkan di sini. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, Pusat Peninjauan Iklan hanya menampilkan iklan yang tampil di blog Anda 30 hari terakhir, jadi tidak iklan yang tampil dalam rentang waktu tersebut, maka tidak akan ada laporan di sini. Kedua, jika Anda baru saja mengirimkan permintaan opt-in untuk Pusat Peninjauan Iklan ini, tunggu 24 - 48 jam sebelum iklan muncul. Tambahan, trafik yang sangat rendah pun bisa menjadi sebab Pusat Peninjauan Iklan tidak menampilkan apa-apa.
Selain dengan memasukkan url iklan, masih ada beberapa opsi lain untuk memblok iklan, yaitu dengan menentukan Kategori Sensitif, berdasarkan Jaringan Iklan, dan Penayangan Iklan. Silakan Anda pelajari langsung dari Akun Adsense Anda.

Itulah cara memblok iklan, semoga iklan yang tampil di blog kita menjadi lebih relevan, dan ujung-ujungnya mampu memaksimalkan pendapatan. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Cara Terbaik Menghasilkan Uang Internet: Lakukan Saja Hal yang Anda Sukai

Entah sudah berapa kali saya mendapatkan pertanyaan, 'apa cara terbaik untuk mendapatkan uang dari internet?' Mereka rata-rata 'hilang semangat' ketika saya katakan: 'Anda harus fokus membuat blog yang bagus, fokus ke pemasaran afiliasi, kerja keras di search engine optimation, desain template, promosi blog, menjual e-book, dan seterusnya, dan seterusnya....'

Satu kalimat singkat yang selalu saya katakan untuk menjawab pertanyaan mereka adalah: 'tidak ada cara terbaik untuk menghasilkan uang lewat internet!' Dalam model bisnis apapun, jika ingin sukses, maka harus kerja keras, kerja cerdas, berusaha terus-menerus dan pantang menyerah.

Mari kita melihat kenyataan dan berpikir realistis. Ada jutaan blogger di dunia ini, ada jutaan penjual e-book, ada jutaan reseller, ada jutaan ahli SEO, dan seterusnya.... Lalu dimana posisi kita? Jangan pernah bermimpi, hanya dengan membuat blog, lalu memasang iklan di dalamnya, uang akan mengalir deras ke kantong kita dengan sendirinya. Tidak! Diperlukan usaha lebih untuk sukses di dalam bisnis apapun, termasuk mendapatkan uang dari internet. Juga sebuah kenyataan bahwa ngeblog adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang paling lambat. Itu adalah model bisnis jangka panjang, bukan sebuah jalan mudah atau jalan pintas menjadi kaya dalam waktu singkat.

Dalam setiap kesempatan saya juga tidak pernah mengatakan bahwa mencari uang dari internet adalah hal yang mudah. Itu adalah pekerjaan berat. Sama beratnya dengan membangun bisnis apapun.

Inti dari yang ingin saya sampaikan kali ini adalah: jangan fokus untuk mencari cara terbaik untuk menghasilkan uang lewat internet, karena sungguh tidak ada yang namanya cara yang terbaik, yang akan memberikan penghasilan besar dengan cepat.

Saran terbaiknya adalah: lakukan saja hal yang Anda senangi, yang Anda sukai, sesuatu yang membuat Anda terus bergairah di dalamnya. Lalu fokus, kerja keras untuk hal tersebut. Sampai Anda mencapai yang terbaik yang mampu Anda capai. Dan uang akan mengalir dengan sendirinya.

Jika Anda masih bingung untuk memulai dari mana, pelajari cara mendapatkan uang dari blog.

Salam.

Sabtu, 27 Juli 2013

Tips Tambahan Agar Iklan Adsense Lebih Relevan

Untuk kesekian kalinya, saya ditanya tentang tips bagaimana membuat iklan Adsense yang muncul di blog relevan terhadap topik blog. Memang hal yang satu sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan dari program periklanan kontekstual semisal Adsense.

Sebenarnya saya telah mengulas tentang ini dalam seri Tips Sukses Adsense untuk Blogger bagian ke-6, namun baik mungkin bisa saya tambahkan beberapa yang belum saya sebutkan dalam artikel tersebut. Dan berikut adalah tips tambahan yang bisa saya berikan.
  • Keyword di dalam konten. Selalu cantumkan keyword yang menjadi target di dalam setiap postingan. Taruh beberapa di alenia pertama, dan beberapa juga menyebar ke sisa tulisan berikutnya. Namun harus diingat, jangan juga kita memaksakan memasukkan keyword tanpa memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar, sehingga membuat artikel tidak 'enak' untuk dibaca.
  • Keyword di judul artikel. Saya melihat bahwa keyword di dalam judul postingan cukup berpengaruh besar terhadap relevansi iklan. Tentu saja, judul harus menyesuaikan dengan isi dari artikel bersangkutan. Selain itu, dengan menaruh keyword pada judul juga akan berpengaruh terhadap SEO (menurut pakar SEO, saya sendiri buta terhadap SEO).
  • Metatags. Memang saya tidak menemukan pihak Adsense menyebut-nyebut tentang metatags untuk memperoleh iklan yang relevan, tapi dari banyak pengalaman para publisher Adsense, meyakini bahwa metatags masih berpengaruh terhadap relevansi iklan. Jadi, meskipun saat ini secara SEO, metatags sudah kurang dianggap, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tujuan lain, yaitu membantu mendapatkan iklan yang relevan bagi Adsense. Pasang semua keyword yang berkaitan di metatags untuk membantu bot Adsense menentukan isi blog secara keseluruhan.
  • Minta bantuan orang lain. Mintalah teman yang jauh, atau yang tinggal di luar negeri, untuk melihat iklan yang muncul di blog kita. Faktanya, Adsense memiliki fitur geo targeting, yang akan menampilkan iklan berdasarkan lokasi dari mana blog kita diakses. Ini tentunya akan memberikan relevansi iklan yang berbeda. Dengan cara ini, jika teman Anda melihat masih ada iklan yang tidak relevan, Anda bisa mengambil langkah, seperti memblok iklan tersebut, misalnya.
  • Iklan yang relevan membutuhkan waktu. Yang saya maksud adalah, jika Anda melihat iklan yang tidak relevan, jangan terburu-buru berpikir ada yang salah. Ada kemungkinan ini disebabkan artikel atau blog bersangkutan belum cukup 'usia'. Hal ini mungkin dikarenakan bot Adsense belum 'memahami' benar topik blog kita. Beri waktu beberapa minggu kepada Adsense untuk memperbaiki semuanya.
Itulah beberapa tips tambahan yang bisa saya sampaikan, untuk selebihnya silakan baca tentang iklan yang relevan ini dalam artikel saya sebelumnya. Baca juga tips optimasi unit iklan adsense, karena sukses di Adsense tidak semata tergantung terhadap relevansi iklan, namun juga berkaitan dengan faktor-faktor lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam.

Apakah Blog Anda Memenuhi Syarat Adsense?

Di dalam Tips Sukses Adsense untuk Blogger Bagian 2, saya telah menulis sedikit tentang hal ini. Namun, setiap hari saya masih terus saja melihat banyak blogger yang ditolak menjadi publisher Adsense atau mereka yang telah disetujui namun pada akhirnya akunnya dibanned karena telah memasang iklan pada blog yang tidak memenuhi kebijakan Adsense.

Maka dari itu, kali ini ini saya coba merincinya lebih hal-hal apa saja yang melanggar kebijakan Adsense dalam hal konten situs. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh mereka yang serius menjalankan program Adsense, agar jangan sampai mendapatkan peringatan dari Google, apalagi sampai dibanned.

Inilah beberapa hal yang tidak diijinkan oleh Adsense jika blog Anda berisi tentang hal-hal berikut:
  • Menjual barang palsu / tiruan. Jika blog anda memberi informasi secara rinci mengenai barang tiruan, dimana membelinya, berapa harganya, atau sengaja berusaha menjual barang palsu dan tiruan, ini bertentangan dengan kebijakan Adsense. Juga tidak boleh mengajarkan orang untuk membuat barang-barang tiruan untuk tujuan bisnis, seperti memalsukan merk dan lain sebagainya. Adapun kalau menulis tentang barang-barang palsu yang beredar di pasaran misalnya, saya kita tidak akan menjadi masalah, masalah utamanya adalah komersialisasi atau penjualan barang tiruan.
  • Perjudian. Ini sudah jelas. Termasuk juga konten tentang perjudian online, texas holdem misalnya. Mengajarkan trik judi, dan sebagainya. Namun jika tulisan adalah tentang tempat tujuan wisata yang kebetulan terdapat kasino, misalnya maka itu masih dibolehkan oleh Adsense.
  • Senjata dan amunisi. Menjual senjata dan aksesorisnya. Termasuk air gun, dan penjualan petasan dan kembang api.
  • Alkohol dan minuman keras. Yang tidak boleh adalah halaman penjualan dan distribusi. Jadi tidak masalah jika ingin mengulas tentang berbagai macam minuman anggur misalnya.
  • Rokok dan tembakau. Hampir sama dengan alkohol dan minuman keras di atas.
  • Hacking / Cracking. Yang satu ini tidak perlu penjelasan tambahan, karena sudah jelas melanggar undang-undang hak cipta.
  • Konten dewasa. Termasuk cerita dewasa, gambar, alat bantu seksual dan sebagainya.
  • Narkoba dan peralatannya. Cukup jelas.
  • SARA dan konten kekerasan. Menganjurkan untuk membenci kelompok berdasarkan agama, ras dan lain sebagainya. 
  • Paid to surf / click / search dan sejenisnya. Program-program semacam ini tidak diijinkan oleh Adsense.
  • Kegiatan ilegal lainnya. Kekerasan terhadap anak, pedofilia, termasuk gambar, video hasil rekayasa yang menggambarkan kekerasan dan perilaku menyimpang terhadap anak.
  • Tidak sesuai pedoman webmaster. Baca selengkapnya tentang pedoman webmaster disini.
  • Penggunaan keyword secara berlebihan dan tidak relevan.
Itulah hal yang tidak diijinkan oleh Adsense untuk para publishernya. Sumber lengkap bisa anda baca disini. Untuk menjaga keutuhan akun Adsense, sudah seharusnya kita menghindari hal-hal tersebut di atas. Sukses buat kita semua.

Salam.

Pasang Iklan Sebanyak-banyaknya, Untung Atau Rugi?

Mengawali tulisan saya kali ini, saya ingin bercerita tentang seseorang, sebut saja namanya Gee Jhon (mau pakai nama lain, takutnya ada yang marah, hehehe....)

Dia baru saja mengenal dunia internet, awalnya internet hanya digunakan sebatas kirim email, narsis di jejaring sosial, dan baca-baca berita yang lagi hangat.

Tidak lama, akhirnya dia mendengar (tepatnya membaca) bahwa ternyata orang bisa mendapatkan uang dari internet. Lalu dia (Gee Jhon ini) mulai mencari-cari, mengobok-obok Google, mencari informasi tentang 'cara mudah' mendapatkan uang dari internet.

Akhirnya sampailah dia pada sebuah situs yang mengajarkan cara bagaimana menghasilkan ribuan dolar per bulan dari sebuah blog! 

Dengan penuh semangat, Gee Jhon mulai membuat sebuah blog. Dengan penuh semangat pula, dia menulis artikel setiap hari. Blognya mulai mendapatkan pengunjung.

Kemudian dia penuhi blognya dengan segala macam jenis iklan; banner, link-ads, adsense, kontera, chitika, program afiliasi dan sebagainya. Sampai tidak ada space kosong secuilpun, kecuali penuh berisi iklan, dengan harapan dapat dengan cepat mendapatkan ribuan dolar seperti yang dia baca di blog yang 'menginspirasinya' tadi.

Beberapa bulan berjalan, Gee Jhon ternyata mendapati hanya mampu menghasilkan tidak lebih $10 per bulan, setelah bekerja begitu keras selama beberapa bulan yang lalu.

Terdengar tidak asing tentang cerita di atas? Lalu apa yang salah? Ok, sekarang mari kita lupakan dulu si Gee Jhon yang sedang kebingungan. Hehehe....

Saya sendiri, setiap kali melihat sebuah blog baru dengan tampilan "ngejreng" dan dipenuhi dengan iklan yang seabrek, yang ada dalam pikiran saya adalah bahwa pemilik blog itu sedang berusaha keras untuk mendapatkan uang dengan cepat, dibandingkan dengan sedang mengembangkan blognya itu sendiri.

Tentu saja, tidak ada yang salah bila kita membuat blog untuk mendapatkan uang. Tapi, apakah bijaksana memenuhi blog dengan seabrek iklan?

Satu kalimat yang saya yakini: membangun blog yang sukses menghasilkan uang adalah hal bagaimana menjadi besar, bukan bagaimana memenuhi space dengan banyak iklan.

Setidaknya ada 2 hal yang menjadi masalah:

Pertama, ketika kita memasang iklan sebanyak-banyaknya di setiap ruang kosong di blog kita, maka kita akan menghancurkan reputasi kita sendiri.

Pembaca akan berpikir bahwa kita adalah orang yang 'rakus', yang hanya memikirkan bagaimana mendapatkan uang dengan cepat, dan kemungkinan besar tidak akan pernah kembali lagi.

Kedua, jika kita berusaha bagaimana mendapatkan uang sebanyak-sebanyaknya dengan cepat dari sebuah blog, yang memiliki visitor unik kurang dari 1000/hari, kita pasti hanya akan menuai kecewa, dan itu adalah awal yang buruk untuk mengembangkan blog selanjutnya, yang pada akhirnya dengan terpaksa kita menurunkan target, dan lebih parah: kehilangan semangat!

Kesimpulan
Jika kita ingin sukses mendapatkan penghasilan dari internet, bangun dulu audience, bangun kredibilitas, bangun brand, bangun kepercayaan dari pengunjung.

Jika telah mencapai tahap tersebut, apapun yang kita lakukan, bahkan memenuhi blog dengan banyak iklan pun tidak akan mendapatkan banyak masalah, (meskipun saya melihat banyak blog dan situs yang sukses tetap bijak dalam menempatkan iklan di situs/blog mereka). Paling tidak mereka sangat menghindari memasang unit iklan yang mengganggu, seperti pop-up dan iklan in-text.

Bagaimana pendapat Anda? Sukses selalu buat kita.

Salam.

Dapat Uang Dari Youtube? Kenapa Tidak?!

Selalu ada cara lain mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah penghasilan uang dari Youtube.

Siapa yang tak kenal Youtube? Semua orang mengenalnya karena merupakan salah satu situs berbagi video terbesar dan paling terkenal sedunia.

Bahkan saking terkenalnya, banyak 'artis dadakan' yang menjadi terkenal dari Youtube. Tahu sendiri lah siapa-siapa orang itu, hehehe...

Tapi mungkin belum semua orang tahu (atau belum mencoba?), bahwa dari Youtube Anda bisa menghasilkan uang. Yah, betul sekali, Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi partner atau mitra bagi Youtube, dimana video Anda akan dipasangi iklan oleh Youtube dan Anda mendapatkan bagi hasil dari penayangan iklan tersebut. Mudah sekali bukan?

Saya sendiri menjadi mitra Youtube setelah mendapatkan dari Youtube sendiri yang menawarkan video-video saya untuk dimonetisasi, dan sejak itu saya rutin menikmati manisnya uang dari Youtube.

Seberapa besar hasilnya? Tidak ada angka pasti yang bisa dijadikan patokan, namun menurut pengamatan saya sendiri, berkisar antara $5 - 15$ per 1000 tayangan.

Setelah resmi diterima sebagai mitra, maka di dashboard akan tertulis 'MITRA YOUTUBE' di bawah nama Anda, lihat gambar di bawah.

pendapatan uang dari Youtube

Nah, bagi Anda yang ingin segera merasakan hasil dari Youtube tidak perlu menunggu ditawari dulu seperti saya, tapi Anda langsung bisa menawarkan diri untuk memonetisasi video-video yang sudah Anda upload ke Youtube.

Tapi, sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan mendapatkan uang dari Youtube:

Anda harus memiliki akun Adsense
Meskipun program mitra Youtube terpisah dengan program Adsense, namun penghasilannya disatukan bersama dengan akun Adsense, itulah mengapa Anda harus memiliki akun Adsense yang sudah disetujui untuk menerima pembayaran.

Bagaimana jika belum memiliki akun Adsense? Anda bisa mengajukan pembuatan akun Adsense langsung dari Youtube setelah mengupload beberapa video. Ikuti panduan resmi dari Google cara mendaftar Adsense melalui Youtube.

Upload video secara rutin
Tidak berbeda dengan sebuah blog, di Youtube pun Anda perlu update video. Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya, dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru.

Lagipula jika Anda tidak rajin menambahkan video baru, itu berarti membatasi penghasilan Anda sendiri. Upload terus video secara rutin sampai Anda minimal memiliki 100 video berkualitas, setelah itu mungkin boleh Anda bisa sedikit 'istirahat' dengan cukup menambahkan video baru 1 - 2 minggu sekali.

Kembangkan terus audiens Anda
Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak video yang Anda miliki. Selain jumlah video yang banyak, kualitas video juga sangat menentukan. Upload video yang menghibur, lucu, bermanfaat. Bisa berupa tutorial aplikasi, rekaman lagu sendiri, atau bahkan rekaman kucing Anda di rumah yang bertingkah menggemaskan.

Promosikan video Anda melalui media sosial dan lain sebagainya. Tarik orang untuk berlangganan video Anda. Semakin banyak yang menonton video Anda, semakin besar uang yang bisa diperoleh.

Bangun brand bagi saluran video Anda
Ini sebenarnya bukan hal yang wajib, tapi jika Anda serius ingin meraih pendapatan maksimal dari Youtube, maka hal ini adalah menjadi sangat penting. Keseriusan Anda dalam mengelola video, akan sangat dihargai oleh Youtube.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan di antaranya:
  • Buatlah situs / blog untuk memajang video-video Anda. Beri kesempatan kepada pelanggan Anda cara lebih untuk berinteraksi.
  • Buatlah logo yang unik, menarik dan pasang di setiap video Anda. Bisa juga buat watermark di video Anda. Selain lebih pro, juga menghindari pembajakan, hehehe...
  • Jika mungkin, buatlah intro yang bagus untuk setiap video yang Anda unggah.
  • Atur dan customize channel Youtube Anda agar tampak lebih profesional.
Pastikan video Anda tidak berisi materi yang berhak cipta 
Jika tidak, maka Anda akan segera dikeluarkan sebagai mitra Youtube, karena Youtube (Google umumnya), sangat memperhatikan terhadap hal yang satu ini.

Materi-materi ini termasuk image, audio, logo, video clip dan sebagainya. Termasuk juga musik latar belakang, jika Anda tidak memiliki ijin dari pembuatnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda lebih memaksimalkan pendapatan dari Youtube. Saya sendiri, jujur pendapatan total dari Adsense saya hampir 30%-nya adalah berasal dari Youtube. Dan inilah salah satu video saya yang paling banyak ditonton di Youtube. Semoga bermanfaat.

Manfaatkan 8 tool dan sumber informasi penting bagi para mitra Youtube untuk memaksimalkan pendapatan dari Youtube.

Masih bingung mulai darimana mendapatkan uang dari Youtube? Temukan panduan langkah per langkah untuk menjadi mitra Youtube dan menghasilkan uang di artikel: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube: Sebuah Panduan Lengkap.

Salam.

Apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan dari Adsense? Temukan rahasia dan strategi meningkatkan pendapatan Adsense secara tuntas dan runut di Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang Melalui Adsense.

Jumat, 26 Juli 2013

9 Alasan Saya Memutuskan Kerja Online Dari Rumah

Beberapa tahun terakhir, internet menjelma menjadi sebuah fenomena sosio-ekonomi yang sangat berkembang.

Internet telah merubah cara orang hidup, berinteraksi, membangun jaringan, dan bekerjasama satu sama lain.

Dan satu hal lagi yang pasti, yaitu menciptakan jenis pekerjaan baru, pekerja online. Yaitu mereka yang mengandalkan penghasilan dengan bekerja melalui internet. Mereka adalah orang yang telah mengetahui cara mendapatkan uang dari internet dan memanfaatkannya dengan baik.

Sebagian dari mereka mendapatkan uang dari blog, sebagian lagi fokus menjalankan bisnis afiliasi, sebagian yang lain mendapatkan uang dengan menyediakan berbagai layanan secara online sebagai freelancer, sedangkan yang lain sangat sukses memasarkan produk ke seluruh dunia dengan membuka toko online. Begitu banyak pilihan dan peluang yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang lewat internet.

Saya sendiri telah memasuki tahun keempat, sejak saya memutuskan untuk full time mencari rejeki dari internet.

Apapun cara yang dipilih, bekerja dari rumah secara online memang sangat menarik untuk digeluti, dan inilah 9 alasan yang membuat saya memutuskan untuk full time bekerja online dari rumah:

1. Bisa bekerja dari mana saja
Meskipun dalam judul di atas saya mengatakan bekerja dari rumah, pada kenyataannya, orang yang menggeluti bisnis online dapat bekerja dari mana saja. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang memadai. Kita bisa bekerja dari kafe, taman, bahkan dari pantai sekalipun! Apalagi saat ini jaringan wireless internet terus berkembang dan semakin murah.

2. Bekerja dengan aturan yang kita buat sendiri
Kita tidak perlu lagi menyetel alarm agar jangan sampai terlambat sampai di kantor. Jika kita bekerja secara online, kita bisa bekerja kapan saja kita mau.

alasan bekerja online dari rumah
Jika merasa lebih produktif di malam hari, lakukan malam hari. Jika kita ingin libur setiap hari senin karena mengikuti kursus musik, tidak akan ada orang yang protes. Pendek kata, kita bisa mengatur jadwal kapan kita ingin bekerja.

3. Tidak ada waktu yang terbuang di jalan
Dulu pun saya pernah bekerja di kantor, jarak dari rumah ke kantor ditempuh kurang lebih 30 menit. Kalau saya hitung, berarti satu hari saya menghabiskan 1 jam di jalan, dikurangi hari libur, rata-rata dalam setahun saya membuang waktu sebanyak 240 jam!

Coba bayangkan apa yang bisa kita lakukan dengan waktu luang sebanyak 240 jam. Mungkin kita bisa mengisinya dengan belajar musik, membaca banyak buku untuk menambah wawasan dan lain sebagainya yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan hanya habis di atas kendaraan!

4. Kerja fleksibel
Salah satu yang paling saya suka dari kerja online dari rumah adalah fleksibilitas. Kita bisa menggali niche potensial yang baru atau mencoba model bisnis yang lain kapanpun kita mau.

Sebagai contoh, mungkin kita memulainya dengan membuat blog dengan tema yang sukai, lalu setelah beberapa lama, kita mengembangkan dengan membuka toko online untuk menjual produk yang sesuai dengan topik tadi, sambil kita juga mengembangkan afiliasi untuk produk yang sama.

Fleksibel! Ini yang membuat bekerja online sangat menyenangkan sekaligus menguntungkan.

5. Membangun hubungan dengan banyak orang
Kesempatan untuk membangun hubungan bisnis dan kerjasama sangat terbuka lebar melalui bisnis online. Saya sendiri, sebagian besar klien saya sebagai freelancer adalah berasal dari negara-negara Eropa dan Australia. Dari hubungan itu tidak tertutup kemungkinan akan terjalin kerjasama di bidang lain. Ini adalah satu aset yang berharga.

6. Kita menjadi bos bagi diri sendiri
Yup, kita adalah bosnya! Memang, kita masih berhubungan dengan pembaca, klien, pembeli, sponsor pemasang iklan dan lain sebagainya, yang menuntut perhatian lebih dari kita. Tapi, secara umum ini sangat lebih menyenangkan dibandingkan menerima perintah dari bos dan dimarahi bos tanpa alasan jelas bukan?

7. Kesempatan belajar dan mengasah keterampilan bisnis terus-menerus
Kita akan dituntut untuk mengurus berbagai hal dalam me-manage situs/blog misalnya. Seperti me-manage sumber daya (hosting, domain, dan lain-lain), orang (desainer web, dan lain-lain),  klien (pembaca, pelanggan) dan lain sebagainya.

Kita juga melakukan perencanaan bisnis, model pemasaran dan sebagainya. Intinya, kita akan terus-menerus mengembangkan skill bisnis dari waktu ke waktu, dan ini adalah merupakan sesuatu yang sangat penting dan berharga.

8. Lebih kecil resikonya
Asal kita mau dan rajin mencari, hampir semua sumber daya yang kita butuhkan untuk bekerja online dari rumah, bisa kita dapatkan secara gratis dari internet. Jadi, bisa saya katakan bahwa menjalankan bisnis online dari rumah, resikonya dibandingkan peluang penghasilan yang lain. Itu baru secara materi, belum lagi dari segi kesempatan kerja.

Bekerja di sebuah perusahaan selalu ada resiko kena PHK. Meskipun kita berprestasi baik, namun jika perusahaan tempat kita bekerja perlu melakukan perampingan karyawan demi efisiensi, tetap kita tidak kebal PHK.

Sedangkan dengan menjalankan bisnis dan kerja online, tidak ada yang bisa memecat kita. Tentu, resiko kegagalan selalu ada, namun semua kendali ada di tangan kita sendiri.

9. Berjuang dan bekerja untuk diri sendiri
Saya percaya dan yakin, bahwa memang tidak ada yang namanya jalan pintas untuk mencapai kesuksesan. Baik kita bekerja di perusahaan orang lain, maupun membangun bisnis sendiri kecil-kecilan, jika ingin sukses butuh kerja keras, dedikasi, dan ketekunan.

Namun ada perbedaan besar dari keduanya. Yang pertama, kita mencurahkan segala kemampuan, tenaga dan pikiran untuk membesarkan bisnis orang lain, sesuatu milik orang lain! Tentu, jika kita berprestasi, kita akan mendapatkan gaji yang cukup besar, namun tetap saja, pemilik perusahaan lah yang akan mendapatkan bagian terbesar dari hasil kerja keras kita.

Sedangkan yang kedua, kita bekerja keras untuk sesuatu milik kita sendiri. Hasil keringat kita akan sepenuhnya menjadi milik kita sendiri.

Kesimpulannya, ada begitu banyak peluang menghasilkan uang dari internet. Dan sangat menyenangkan menjalankan bisnis milik sendiri dari rumah secara online.

Namun demikian, saya ingatkan juga, bahwa model bisnis ini tidak sesuai untuk semua orang (bagi mereka yang tidak betah duduk berjam-jam di depan komputer, misalnya). Jadi? Bijaksanalah.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan waktu luang, atau bekerja paruh waktu, tanpa meninggalkan pekerjaan yang sekarang.

Bisa dimulai dengan membangun blog untuk menghasilkan uang, jika masih bingung dengan cara yang dipilih, silakan baca rangkuman cara-cara mendapatkan uang dari blog sebagai gambaran. Setelah 6 bulan atau lebih, setelah melihat dan yakin prospek ke depannya, saatnya kita memutuskan untuk menjalani pekerjaan online dari rumah secara full time seperti yang telah saya lakukan.

Bagaimana pendapat Anda? Jika ada pertanyaan atau sekedar ingin bertukar pikiran, Anda bisa menyampaikannya melalui komentar di bawah. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Kamis, 25 Juli 2013

8 Alasan Kenapa Saya Menyukai Adsense

Saya pernah iseng-iseng menanyakan tentang program Google Adsense kepada beberapa blogger, baik yang masih baru ataupun blogger yang 'kawakan'. Jawabannya beragam. Ada yang mengatakan sangat menyukai Adsense, ada yang biasa-biasa saja, dan ada juga yang sepertinya benci banget sama Adsense, karena tampaknya belum mendapatkan hasil yang memuaskan dari Adsense, sudah berbulan-bulan pendapatannya tidak lebih dari $10. Atau mungkin saja karena berkali-kali mendaftar selalu ditolak sama Adsense, atau mungkin juga benci karena berkali-kali akunnya dibanned oleh Google, hehehee..... Bagi Anda yang mengetahui apa itu Google Adsense, silakan baca ulasang tentang Adsense.

Saya sendiri, adalah termasuk golongan yang pertama, yaitu yang menyukai program Adsense. Saya punya alasan tersendiri kenapa saya menyukai Adsense dibandingkan program sejenis lainnya. Inilah 8 alasan itu:
  • Mudah dan cepat untuk memulai. Kebanyakan ads network lain memberi persyaratan sulit untuk bisa ikut ambil bagian, seperti harus ada minimum trafik, PR, Alexa Rank dan sebagainya, juga proses setup yang rumit. Kebalikannya Adsense sangat cepat, tidak lebih dari 5 menit setelah memasang kode, iklan akan segera muncul. Adsense juga bisa dipasang di website kecil / blog dengan pengunjung berapa pun. Hanya dengan pengunjung di kisaran 5000 per bulan, sudah cukup menghasilkan rata-rata $20 - 30 setiap bulannya.
  • Materi iklan yang ramah. Adsense hanya menyediakan konten iklan yang ramah untuk segala umur, segala golongan. Tidak seperti yang lain, yang seringkali tidak memfilter iklan. Di Adsense tidak akan kita temukan iklan seronok dan "esek-esek".
  • Sesuai untuk trafik global. Kebanyakan ads network yang lain, hanya terbatas pada target negara tertentu saja, seperti USA dan Kanada. Tidak dengan Adsense, dengan geo targetting, iklan di blog kita akan tetap berpotensi menghasilkan uang dari manapun trafik berasal.
  • Nilai pendapatan cukup besar. Meski yang mengklaim dapat memberikan hasil yang lebih besar, namun secara keseluruhan pendapatan dari Adsense masih belum terkalahkan.
  • Inventory pengiklannya sangat banyak. Ini mungkin karena nama besar Google juga, sehingga lebih dipercaya oleh para advertiser. Ini juga berarti, apapun topik blog kita, akan selalu ada iklan yang relevan, karena memang jumlah pengiklannya banyak dan sangat beragam. Ads network lain? Belum bisa seperti itu.
  • Iklannya benar-benar tertarget. Ini masih berhubungan dengan poin di atas. Karena banyaknya stok pengiklan, maka hampir semua niche blog bisa mendapatkan iklan yang sesuai.
  • Desain iklan yang bagus. Kita bisa leluasa mengkustomasi unit iklan yang akan ditampilkan untuk disesuaikan dengan desain blog kita masing-masing. Di samping itu, Adsense sendiri terus-menerus melakukan perbaikan dan inovasi terhadap desain dan tampilan iklannya. Saya melihat, iklan Adsense dapat membaur dengan baik tanpa merusak keindahan desain blog.
  • Pembayaran yang tepat waktu. Adsense memiliki komitmen tinggi untuk selalu membayar para publishernya.
Itulah alasan saya pribadi kenapa saya menyukai Adsense dibanding dengan program periklanan lainnya. Bagaimana? Anda termasuk ke dalam golongan yang mana? Yang suka? Yang Benci? Bagi pengalaman pendapat Anda tentang Adsense melalui komentar di bawah. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ngeblog Cari Uang

Sudah bukan rahasia bahwa kita bisa mendapatkan uang dari blog. Dan ada banyak cara bagaimana mendapatkan uang dari sebuah blog.

Konsepnya secara garis besar cukup sederhana dan menyenangkan: kita menulis sesuatu yang kita suka, orang-orang membacanya, dan kita mendapatkan uang dari iklan. 

Bagi mereka yang lama berkecimpung dan telah melakukannya, tentu saja ini adalah hal mudah. Tapi, bagi mereka yang baru saja mengenal dan baru memulai membuat blog, ini tidaklah semudah kedengarannya.

Jika Anda baru saja terjun dalam dunia blogging dan tertarik untuk bisa menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal yang harus Anda sadari sejak awal dengan benar, sebelum membuat sebuah komitmen untuk menjadi seorang blogger 'pemburu dolar'. Setidaknya hal ini akan memacu semangat dan memastikan bahwa Anda berada pada 'rel' yang benar.

Inilah beberapa hal tersebut:

1. Ngeblog itu mudah. Ngeblog untuk mendapatkan uang? Eitt.. nanti dulu
mendapatkan uang dari blog
Saya tidak berniat mematahkan semangat Anda yang sedang memulai ngeblog dengan tujuan mencari tambahan penghasilan. Justru saya ingin Anda menyadari hal ini sedari awal, bahwa mendapatkan uang dari ngeblog memang tidak semudah dibayangkan. Karena bukan melulu soal menulis artikel lalu memasang kode iklan dan selesai!

Kemampuan menulis yang baik, menguasai topik, mempromosikan blog, membuat template yang cocok, mendapatkan pengunjung setia, menempatkan iklan dengan baik, ....... dan sederet kemampuan lain, sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan uang dari blog dengan sukses. Yang semuanya itu hanya bisa diraih dengan kerja keras, dan semangat untuk terus belajar. Yang jujur saya katakan, itu tidak dimiliki oleh semua orang.

2. Ngeblog untuk mendapatkan uang adalah pekerjaan jangka panjang
Saya mengatakan hal ini, karena ada sementara orang berpikir bahwa, setelah memasang iklan di blog mereka, lalu selesailah sudah, dan uang akan mengalir dengan sendirinya dengan cepat.

Wow, no! 

Saya telah banyak melihat blog yang sukses adalah mereka yang telah bertahan paling tidak selama 1 tahun terakhir. Sebaliknya saya juga telah melihat begitu banyak blogger yang tumbang dalam beberapa bulan.

Jadi, jika Anda tidak siap bertahan paling tidak selama 1 tahun pertama, maka tidak banyak yang bisa diharapkan dari pendapatan melalui blog.

3. Pilih topik yang Anda sukai (dan kuasai) dan setialah!
Blog yang topiknya terlalu umum atau melebar kemana-mana akan kesulitan membangun pembaca setia. Pilihlah satu topik yang paling Anda sukai, perkaya wawasan tentang topik itu, dan mulailah ngeblog dengan topik itu secara eksklusif, tanpa melebar kemana-mana. Percayalah, itu adalah yang terbaik.

Update: saya telah menulis sebuah penduan lengkap metode dan strategi memilih niche terbaik dengan benar.

4. Memulai dengan satu blog saja
Meskipun Anda memiliki banyak topik yang Anda kuasai, janganlah berpikir untuk memulai dengan banyak blog sekaligus. Fokuslah dulu pada satu blog. Jika memaksa diri memulai dengan banyak blog, itu sama artinya dengan membuka jalan kegagalan bagi semua blog yang ada, karena fokus akan terpecah.

Tunggulah sampai blog pertama benar-benar telah menghasilkan banyak uang dan memiliki pengunjung tetap yang tinggi, baru kemudian membuat blog kedua, ketiga dan seterusnya. Itupun jika Anda yakin bahwa blog kedua dan seterusnya akan sesukses blog yang pertama.

5. Gunakan saja yang gratisan
Sebelum yakin dengan diri sendiri dan memutuskan untuk secara total mencari uang dari blog, sebelum memutuskan menyewa hosting dan top level domain, gunakan saja layanan blog gratisan, semisal blogger dan wordpress. Maksud saya, jangan sampai Anda telah membuang uang, lalu berhenti di tengah jalan. Sayang bukan?

6. Pasang iklan dengan bijak
Dalam hal ini, kita harus melihat blog kita sendiri sebagai orang lain yang berkunjung. Nyamankah saya dengan tampilan iklan yang ada? Hal ini penting, karena menempatkan terlalu banyak iklan akan membuat "gerah" pembaca blog dan akan membuat mereka dengan mudah meninggalkan blog kita dengan cepat.

Sebagian blogger juga menyarankan untuk tidak menempatkan iklan sejak awal, tapi menunggu sampai blog mencapai "keadaan" tertentu, seperti jumlah pengunjung generik, jumlah artikel dan lain sebagainya. Saya sendiri pernah mengulas tentang kapan waktu yang tepat memonetisasi blog.

7. Nikmati prosesnya
Saya ingin menegaskan juga satu hal, bahwa tidak ada 'kunci emas', tidak ada jalan pintas, tidak ada cara jitu yang pasti, tidak pula ada strategi yang menjamin sukses mendapatkan banyak uang dari blog dengan cepat. Semua butuh proses, untuk itu nikmatilah prosesnya. Ini adalah kunci utama menuju kesuksesan.

Kesimpulan dari apa yang saya sampaikan kali ini adalah bahwa: begitu banyak orang yang mencoba mencari uang dari blog, tapi ternyata gagal. Dengan melihat dan mencermati poin-poin di atas secara jujur dan seimbang, peluang Anda bisa mendapatkan uang dari blog akan lebih mudah diwujudkan. Teruslah bersemangat, keep happy blogging, dan sukses untuk kita semua.

Mengakhiri tulisan saya malam ini, meminjam kalimat salah satu iklan operator seluler yang sedang ngetop: "mencari uang dari ngeblog itu menyenangkan, tapi... susah dijalanin". Bagaimana pendapat Anda?

Salam.

Optimasi Unit Iklan Adsense

Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang paling digemari oleh blogger di seluruh dunia, hampir selalu Adsense menjadi pilihan utama memonetisasi blog.

Secara umum kita bisa meningkatkan pendapatan dari Adsense dengan melakukan berbagai optimasi, seperti mendapatkan iklan yang relevan, mendapatkan iklan bernilai tinggi, desain dan penempatan iklan dan tentu saja usaha meningkatkan trafik blog.

Dan kali ini saya ingin secara khusus menyoroti tentang pemilihan dan optimasi unit iklan. Pemilihan unit iklan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan Adsense secara keseluruhan. Dan inilah beberapa hal yang bisa saya sarankan dalam optimasi unit iklan yang paling menguntungkan menurut saya.
  • Tips yang selalu sarankan kepada siapapun dan mungkin telah menjadi patokan umum adalah, buatlah desain unit iklan agar menyatu dengan blog untuk blog dengan latar belakang cerah (tanpa border, background yang sama). Dan buatlah kontras jika latar belakang halaman berwarna gelap (dengan border, background kontras).
  • Jika menempatkan iklan dalam postingan, jangan memakai border. Jika ditempatkan di luar, boleh menggunakan border untuk memancing perhatian.
  • 3 unit iklan yang paling baik adalah ukuran 336×280 (kotak besar), 300×250 (kotak sedang) dan 160×600 (wide skyscraper). Sedapat mungkin, gunakan ketiga unit ini. Namun, mungkin saja unit-unit yang lain lebih cocok untuk situs / blog Anda. Melakukan percobaan adalah yang terbaik.
  • Untuk link yang terbaik adalah warna biru. Mungkin karena memang secara umum kebanyakan situs menggunakan warna ini untuk link. Namun, jika situs / blog Anda menggunakan warna link lain, samakan saja link iklan dengan link blog. Walaupun menurut saya, tetap warna biru adalah yang terbaik (ada yang bilang, memang manusia lebih menyukai warna biru secara psikologi, entahlah!).
  • Tes, coba, eksperimen. Terus lakukan percobaan. Amati hasilnya per 2 minggu, sampai kita menemukan yang benar-benar bekerja dan terbaik untuk blog/situs kita.
Itulah sedikit tips mengenai optimasi unit iklan. Semoga bermanfaat, dan seperti biasa saya akan senang jika Anda mau berbagi pengalaman Anda dalam optimasi unit iklan Adsense yang terbaik bagi Anda melalui kolom komentar di bawah.

Salam.

Keris Pamor Satriyo Pinayungan

Keris Pamor Satriyo Pinayungan
Keris Pamor Satriyo PinayunganKeris Pamor Satriyo Pinayungan
Keris Pamor Satriyo PinayunganKeris Pamor Satriyo Pinayungan


Nama Pusaka : Keris Satriyo Pinayungan ( Keris Yang sangat Langka Ada )
Panjang Bilah : 35 CM
Khodam: Kyai Ageng Satriyo Paningit


Keris Satriyo Kinayungan bertuah untuk memberi perlindungan bagi pemiliknya dari
perbuatan sirik orang lain dan cocok untuk mereka
yang bekerja di pemerintahan serta
untuk wiraswasta.


CONTAC PERSON

Ki Sekar Jagad
"Spiritualis Putih Tanah Jawa"
CALL :
+6282 134 731 113
PIN BB: 29EB67D5
Email: kisekarjagad@gmail.com

Rabu, 24 Juli 2013

Lakukan Hal Ini, Dijamin Penghasilan Adsense Anda Tidak Lebih dari $0,9 per Bulan!

Sebagai publisher, pastinya kita semua ingin mendapatkan pendapatan yang maksimal dari program Adsense, bukan?

Berbagai tips dan strategi telah banyak diulas untuk tujuan tersebut, salah satunya pernah saya ulas dalam tulisan saya sebelumnya: tips sukses Adsense, disitu saya mengulas berbagai aspek untuk meningkatkan pendapatan dari Adsense.

Namun, dalam tulisan saya kali ini, saya ingin membahas dari sisi sebaliknya. Saya akan memberikan tips kepada Anda semua, yang mana jika Anda melakukan tips ini dengan baik, saya berani menjamin Anda akan mendapatkan hasil dari Adsense tidak lebih dari $0,9 per bulan! 

Bagaimana siap? Inilah tips-tips tersebut:

Turunkan trafik ke blog Anda
Ini tips pertama yang sangat manjur, karena trafik adalah nafas utama bagi program Adsense. Caranya sangat mudah:
  • Abaikan semua komentar yang masuk ke blog Anda, tidak usah dipedulikan.
  • Lakukan optimasi black-hat SEO. Ini untuk memastikan blog Anda didepak oleh Google dan mesin pencari lainnya.
  • Perbanyak artikel sampah, yang tidak bermutu dan asal jadi.
  • Cukup update blog sebulan sekali.
  • Sering-seringlah copas artikel dari blog orang lain, ini cara yang cepat untuk membuat pengunjung menyadari bahwa blog Anda tidak berguna.
  • Terakhir, jangan pernah promosikan blog Anda! Termasuk di media sosial, forum, dan lain sebagainya. Usahakan blog Anda hanya dibaca oleh istri/suami atau pacar Anda sendiri.
Buatlah posting sekali saja dalam beberapa minggu
Tips ini sudah saya sebutkan diatas sebenarnya, tapi karena tips ini sangat penting, saya terpaksa mengulanginya lagi disini, hehehe....

Buatlah topik yang beragam dalam satu postingan
Maksudnya adalah jangan hanya membahas satu topik dalam satu artikel, perbanyaklah topik yang dibicarakan. Ini cara yang ampuh untuk membuat bingung bot Adsense menentukan topik postingan, sehingga akan membuat iklan yang tampil tidak relevan. Semakin tidak relevan, tentu saja semakin bagus.

Jangan pernah menyertakan keyword Anda dalam judul postingan
Ini langkah tambahan untuk memastikan iklan yang tampil setidak-relevan mungkin. Sebagai tambahan, untuk menampilkan iklan yang tidak relevan dan bernilai rendah, perbanyaklah kata 'blog' baik dalam judul postingan maupun di dalam konten artikel. Tulislah sebanyak mungkin keyword yang tidak memiliki iklan di hasil pencarian Google.

Taruh unit iklan di tempat yang sulit terlihat
Minimal pengunjung harus melakukan scrolling ke bawah halaman Anda untuk melihat unit iklan Anda. Jika terpaksa ingin menempatkan unit iklan di bagian atas blog, pastikan Anda menaruhnya di pojok kanan atas dengan ukuran 125x125. Dan saran yang terbaik saya adalah jangan pernah menaruh unit iklan dalam postingan atau di tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung.

Sering-seringlah mengklik iklan sendiri
Tips ini sangat luar biasa, karena bukan saja menjamin Anda mendapatkan tidak lebih dari $0,9 per bulan tapi juga akan menjamin Anda akan mendapatkan $0! Kenapa? Karena akun Adsense Anda akan dibanned permanen oleh Google. Jadi, ini salah satu tips terbaik yang bisa sampaikan.

Abaikan kebijakan Google Adsense lainnya
Jika mengklik iklan sendiri tidak cukup cepat membuat akun Anda dibanned, cobalah melakukan hal-hal berikut ini:
  • Ajak teman-teman Anda untuk mengklik iklan Adsense Anda
  • Buatlah artikel yang berisi materi dewasa, percantik blog dengan gambar-gambar yang "ehemmm"
  • Beri label unit iklan dengan kalimat seperti: "Hadiah menarik untuk Anda" atau "Bonus, klik untuk mendapatkannya!"
  • Gunakan bahasa yang sadis, vulgar, dan seronok dalam artikel Anda
  • Pasang program iklan kontekstual lainnya, selain Adsense
  • Jika Anda mendapatkan email peringat dari Google Adsense, tidak perlu ditanggapi, biarkan saja
Buat desain iklan yang menonjol dan kontras dengan tema blog
Tujuan utamanya adalah agar membuat iklan Anda seakan terpisah bukan dari bagian dari blog Anda secara keseluruhan. Ini beberapa contoh favorit saya:

Unit iklan Adsense terburuk 1
Unit iklan Adsense terburuk
Unit iklan Adsense terburuk 3

Ini tips terakhir, jangan pernah mengevaluasi kinerja unit iklan Anda
Terutama jangan pernah gunakan fitur saluran khusus untuk memonitor kinerja iklan. Lebih baik Anda tidak mengetahui mana unit yang memberikan hasil yang tinggi dan mana rendah.

Itulah beberapa tips jitu yang saya jamin, jika Anda melakukannya dengan serius dan baik-baik, dijamin pendapatan Anda dari Adsense tidak akan lebih dari $0,9 per bulan! Jika Anda mempunyai tips lainnya, silakan berbagi dengan saya melalui komentar di bawah.

Salam.