Sabtu, 03 Agustus 2013

5 Hal yang Membuat Sebuah Blog Berhenti Menghasilkan Uang

Untuk kesekian kalinya saya menulis tentang hal yang harus mendapat perhatian khusus ketika Anda mulai berpikir untuk mencari uang dari blog.

Dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya pun, saya selalu mengatakan bahwa untuk mencari uang dari blog, bukanlah hal yang mudah (tetapi juga tidak berarti sulit bukan?), tidak lain tujuannya adalah untuk memberi gambaran secara riil, bahwa memang dibutuhkan upaya dan strategi yang tepat untuk berhasil mendapatkan banyak uang dari blog, sekaligus pada saat yang sama, saya ingin Anda semua terus bersemangat ngeblog tanpa kehilangan arah yang benar.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang 8 hal yang membuat blog tidak menghasilkan uang, pernah juga saya membahas kenapa ada blogger yang sukses dan ada juga blogger yang tidak menghasilkan apa-apa serta hal apa saja yang mesti mendapat perhatian sebelum ngeblog untuk mencari uang. Dalam tiga buah artikel tersebut saya telah membahas panjang lebar tentang seluk cara menghasilkan uang dari sebuah blog.

yang membuat blog tidak menghasilkan uang
Sebuah blog, memang dapat menjadi sumber penghasilan yang baik jika dikelola dengan baik pula. Sayangnya, saya melihat masih banyak para blogger (terutama mereka yang masih baru memulai) yang salah dalam menerapkan strategi dalam memonetisasi blog mereka.

Untuk itu, dalam tulisan saya kali ini, saya kembali mengulas tentang hal tersebut, yaitu tentang 5 hal yang dapat membuat sebuah blog berhenti menghasilkan uang, alias tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan.

Inilah kelima hal tersebut:
  • Iklan Pop-Up. Ini adalah salah yang paling saya 'benci' dan paling mengganggu ketika saya membaca sebuah blog. Jika blog Anda menampilkan iklan dalam bentuk pop-up, saya tidak akan kembali mengunjungi blog Anda lagi. Menurut saya, iklan pop-up ini selain sangat mengganggu kenyamanan pengunjung blog, juga hanya menghasilkan sangat sedikit uang. Apakah Anda rela kehilangan pelanggan demi uang yang tidak seberapa?
  • Loading iklan yang lambat. Ketika saya mengunjungi sebuah blog dengan iklan yang lambat, saya biasanya kehilangan kesabaran, dan segera menekan tombol back atau mencari blog lain yang lebih cepat. Saya yakin banyak orang yang merasakan hal yang sama dengan saya. Periksa secara berkala, apakah iklan di blog Anda cukup cepat diload, jika tidak buang saja iklan tersebut, karena hanya akan membuat blog Anda 'mati' perlahan-lahan.
  • Memasang iklan dari hampir semua jaringan periklanan. Ini pun sering saya lihat pada banyak blog, mereka sepertinya 'ingin cepat kaya', dengan memasang semua iklan dari berbagai layanan yang mungkin, Google Adsense, Chitika, Bidvertiser, Shopping Ads, Kontera dan sebagainya dipasang sekaligus dalam satu blog. Wow, ini bukan saja memberi pengalaman yang buruk, ketika blog Anda dipenuhi berbagai iklan, maka tidak akan ada yang tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Ini berarti Anda kehilangan sumber pendapatan. Jadi, buanglah iklan yang kurang memberi hasil, pasanglah iklan dari satu program saja. Saya pernah membahas hal ini dalam kerugian memasang banyak iklan.
  • Terlalu banyak review berbayar. Paid review memang salah satu sumber penghasilan bagi blogger yang cukup bisa diandalkan, apalagi jika blog Anda memiliki PR yang cukup tinggi, maka Anda akan mendapatkan uang lebih. Ada banyak layanan paid review seperti ReviewMe, PayperPost, Sponsored Review dan lain sebagainya. Yang jadi masalah adalah jika Anda terlalu banyak membuat postingan review berbayar ini. Ambil contoh Payperpost membolehkan Anda membuat review sebanyak 3 postingan per hari, jika Anda mengambil semuanya, maka blog Anda akan tampak lebih mirip seperti "jurnal review berbayar", tidak menginspirasi, tidak menarik dan dalam jangka panjang akan dengan cepat kehilangan pembaca. Jika Anda mengikuti program review berbayar ini, 1 atau 2 postingan per minggu sudah lebih dari cukup.
  • Review yang tidak relevan. Ketika Anda mengikuti program paid review, Anda akan disuguhi tawaran untuk mereview situs atau produk yang tidak ada hubungannya dengan niche blog Anda, seperti situs game, kasino dan lain-lain. Bayarannya memang biasanya lebih besar, tapi haruskah kita mengambilnya? Jika kita sering membuat review situs / produk yang tidak relevan, lambat laun akan menghancurkan kredibilitas blog kita sendiri, ujung-ujungnya, blog kita berhenti menghasilkan uang.
Bagaimana? Teknik mana yang Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog? Apakah Anda juga pernah menemukan dan mengunjungi blog seperti di atas? Bagi pengalaman Anda melalui komentar di bawah.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar