Jumat, 02 Agustus 2013

Benarkah Trafik Tinggi = Penghasilan Tinggi? Belum Tentu!

Hampir selalu saya mendengar rumus sederhana menghasilkan uang dari blog adalah trafik yang tinggi. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pendapatan.

Benarkah seperti itu? Menurut saya, itu tidak selalu benar. Memiliki trafik yang tinggi, memang adalah idaman setiap blogger, tapi pertanyaannya adalah: 'benarkah trafik tinggi menjamin penghasilan besar dari blog?'

Sekali lagi, menurut saya: tidak!

Kita tidak hanya butuh mereka yang berkunjung ke blog kita, yang membaca-baca artikel di sana, lalu pergi begitu saja. Kita butuh mereka yang datang ke blog kita, memberikan 'uang' melalui cara yang kita sediakan: mengklik iklan kita atau membeli produk yang kita tawarkan atau mengikuti program yang kita adakan. Mendapatkan pengunjung yang banyak adalah sebuah hal yang sangat bagus, namun mendapatkan banyak uang dari blog adalah hal lain.

Jadi, pertanyaan sebenarnya adalah: 'untuk mendapatkan banyak uang dari blog, dari mana trafik blog kita seharusnya berasal?' Sebenarnya saya sudah pernah menjelaskan pengaruh sumber trafik terhadap penghasilan blog beberapa waktu lalu, di situ saya menjelaskan sumber trafik berbeda lebih cocok untuk sumber pendapatan yang berbeda.

Sekarang mari kita kembali ke pertanyaan di atas: 'untuk mendapatkan banyak uang, dari mana trafik blog kita seharusnya berasal?' Jawabannya adalah: trafik organik.

Trafik organik adalah mereka yang berkunjung ke blog kita melalui mesin pencari, terutama Google. Mereka yang sampai ke blog kita dari search engine adalah mereka yang telah melakukan pencarian terhadap informasi yang mereka inginkan, kemudian mesin pencari menyajikan hasil pencarian terbaiknya (mudah-mudahan blog kita), kemudian mereka membaca ringkasan di hasil pencarian, dan bila mereka cukup tertarik dengan blog kita, maka mereka memutuskan untuk mengunjungi blog kita.

Ini lah yang membuat mereka sangat baik terhadap program periklanan kontekstual semisal Adsense, karena mereka akan memberi perhatian terhadap semua link yang tersedia, termasuk iklan, untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Jadi, kesimpulannya adalah trafik terbaik untuk memaksimalkan pendapatan dari blog adalah trafik yang berasal dari mesin pencari, atau biasa disebut trafik organik. Untuk itu, mari kita berusaha maksimal bagaimana caranya mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya dari sumber yang satu ini.

Saya tidak sedang bermaksud mengatakan bahwa trafik dari selain mesin pencari adalah jelek, seperti dari media sosial, dari social bookmark, guess writer dan lain sebagainya. Tetap sumber trafik ini memberi nilai lebih untuk blog kita, paling tidak membangun kredibilitas kita sebagai penulis blog.

Bagaimana menurut Anda? Keep happy blogging.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar