Sabtu, 31 Agustus 2013

Kerja Fleksibel, Menjadi Freelancer

Sebelum ini, saya pernah mengulas salah satu cara mendapatkan uang dari internet, yaitu dengan menjadi seorang freelancer melalui oDesk.

Terus terang, ini adalah cara yang paling saya sukai, karena di sini saya merasa "benar-benar" kerja, bisa berkarya, dan karya itu bisa dinikmati oleh orang banyak.

Apa itu freelancer?
Mungkin anda yang belum mengenal istilah ini bertanya-tanya. Freelancer, sebut saja adalah seorang pekerja lepas, dimana kita dikontrak oleh orang lain atau oleh sebuah perusahaan untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. 

Kemudian, setelah kita selesai melaksanakan tugas, maka kita akan dibayar sesuai harga yang telah disepakati di awal kontrak. Nah, dalam hal ini, kita berhubungan dengan orang / perusahaan yang membutuhkan tenaga kita hanya melalui media internet. Artinya apa? Artinya kita bisa menjadi tenaga lepas untuk perusahaan-perusahaan di manapun, di seantero dunia. Asyik kan? 

Ya jelas! Apalagi dengan menjadi seorang freelancer, kita bebas menentukan sendiri: ingin mengerjakan apa, kapan mulai dan berapa jam kita kerja bebas mengatur waktu, dan tentu saja kita bisa menentukan sendiri berapa kita ingin dibayar. Lebih asyik lagi bukan?

Untuk menjadi seorang freelancer yang baik dan sukses, memang dibutuhkan keterampilan dan keahlian, karena memang di sini kita memberikan jasa kepada pihak lain. Tapi, tenang saja, apapun keahlian dan keterampilan anda, ada banyak orang di luar sana yang membutuhkannya. Mulai dari menjadi desainer grafis (seperti saya), programmer, musik, fotografi, kursus privat, web design, bahkan sampai hal-hal kecil dan sepele, seperti mencari gambar-gambar tertentu di internet atau sekedar menerima jasa pengetikan! 

Semua ada, jadi jangan takut. Apapun keahlian anda, pasti ada orang yang membutuhkannya. So, niat dari sekarang, aku ingin bebas: menjadi seorang freelancer sukses!

Berapa yang bisa kita dapat dari menjadi seorang freelancer? 
Pertanyaan bagus! Dan saya pun memiliki jawaban yang bagus pula, yaitu: TAK TERBATAS. Seberapa besar uang yang kita hasilkan, tergantung semuanya kepada kinerja kita sendiri. Saya sendiri, setiap minggunya masih dapat kontrak pembuatan logo 3 - 4 logo, rata-rata pembuatan logo dihargai mulai dari minimal $10 - $100 (banyak juga lho, kontrak pembuatan logo yang dihargai lebih dari $200!). Itu baru dari pembuatan logo saja, belum jasa desain yang lain-lain (stationary)

Ditambah lagi,saat ini saya memiliki 3 kontrak dengan sistem bayar per jam, yang disebut Hourly Job, dan aku mematok harga untuk jasa saya sebesar $10/jam untuk berbagai tugas desain, seperti desain stiker, flyer, kartu nama, dan sebagainya.

Untuk kontrak jenis ini, kita tidak lagi dibayar per tugas lagi, tapi kita dibayar per jam dari kerja kita. Nah, silakan hitung sendiri potensi penghasilannya jika kita bisa kerja 10 jam saja per minggu. Satu angka yang cukup lumayan bukan?

Oke, saya tertarik ingin menjadi seorang freelancer, lalu saya harus mulai dari mana?
Sebenarnya bisa saja kita menawarkan jasa kita secara langsung, terserah mau buat website khusus, atau pun melalui iklan-iklan yang kita sebarkan. Tapi saya rekomendasikan untuk menggunakan jasa broker freelancer.

Itu adalah semacam tempat bertemu antara penyedia jasa dan orang yang membutuhkan jasa. Ada banyak situs semacam ini, namun salah satunya yang paling saya sukai adalah oDesk. Pelayanannya sangat baik dan tersedia support yang tersedia 24/7.

Jadi tunggu apalagi?
Segera putuskan jika anda ingin menjadi seorang freelancer. Segera daftar diri Anda, lalu buat profil yang "menjual", bangun reputasi dan siap memberi karya terbaik kepada klien. Dengan begitu sukses sudah pasti ada di depan mata. 

Untuk panduan bagaimana membuat dan "menjual diri" yang baik, Insya Allah, pada kesempatan berikutnya saya akan berbagi informasi dan pengalaman.

Untuk saat ini, saran terbaik saya adalah: daftarkan diri anda lebih dulu, dan bersiaplah kerja fleksibel dengan menjadi freelancer. Sukses untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar