Jumat, 23 Agustus 2013

Peringatan Aneh Dari Google Adsense

Mungkin Anda yang memanfaatkan fitur otorisasi situs di Google Adsense, juga pernah mengalaminya.

Ya, beberapa hari terakhir ini saya mendapatkan peringatan yang menurut saya 'agak aneh' ketika log in ke akun Adsense.

Saya menemukan tulisan seperti ini:

Iklan Anda baru-baru ini ditampilkan pada situs web yang belum diotorisasi. Untuk menghindari hilangnya pendapatan, pastikan untuk mengotorisasi situs apa pun yang menampilkan iklan dengan mengunjungi setelan akun.

Kenapa saya bilang aneh? Karena begitu saya klik setelan akun, saya justru menemukan alamat situs milik Google, yaitu "webcache.googleusercontent.com". Dalam hati saya bertanya-tanya, kenapa Google tidak mengenali situs miliknya sendiri? Dan kenapa bisa iklan saya muncul di situ? Aneh!

Dengan rasa penasaran saya mencari kesana-kemari, akhirnya saya menemukan keterangan ini di halaman dukungan Adsense:

Pesan untuk situs yang tidak diverifikasi di halaman muka Anda
Penjelasan: Ketika menggunakan fitur verifikasi situs, situs yang tidak Anda verifikasi akan mendapatkan pesan di halaman muka Anda. Kami saat ini menganggap semua situs yang di frame sebagai situs yang tidak diverifikasi, termasuk ketika user mencari melalui Google Images dan situs Anda ditampilkan melalui frame. Kami menyarankan Anda untuk menambahkan framed dan url lain dari situs Anda untuk mempercayai daftar situs yang Anda verifikasi. Kami akan terus berusaha menginvestigasi cara untuk memperbaiki fitur ini.

Jadi, yang menjadi permasalahan adalah, blog saya ditampilkan melalui chace di Google. Lalu bagaimana agar ini tidak terjadi lagi? Apakah saya juga harus memverifikasi bing cache, google cache, google translator, dan alamat terpercaya lainnya? Entahlah. Saya masih ingin melihat dulu, apakah ke depan masih akan terjadi lagi atau tidak.

Tapi, sekarang minimal saya mengerti bahwa ini disebabkan oleh cache dan frame di mesin pencari. Sedikit melegakan, karena tidak akan kaget-kaget lagi jika muncul hal serupa. Karena jujur saja, pada waktu pertama melihatnya, saya sempat berpikir apakah ada orang lain yang memasang kode Adsense saya di situs mereka dengan niat tidak baik? Mmmm... ternyata Google sendiri masih kebingungan mencari solusi, hehehe....

Lepas dari itu, untuk tujuan keamanan, saya tetap merekomendasikan Anda untuk mengotorisasi situs yang Anda miliki. Apakah Anda juga pernah mengalaminya? Jika punya tips tentang hal ini, mohon kiranya untuk berbagi. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar