Sabtu, 31 Agustus 2013

7 Tips Sukses Menjadi Freelancer Baru

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu freelancer, saya pernah menulis sebelumnya: kerja fleksibel, menjadi freelancer.

Nah, kali aku ingin berbagi sedikit tips bagi para freelancer yang baru memulai karir. Bagaimana caranya menjadi seorang freelancer yang sukses dan mendapat reputasi yang bagus di komunitas freelancer dunia?

Saya anggap Anda telah mendaftarkan diri sebagai freelancer. Lalu, apa yang selanjutnya mesti saya lakukan? Inilah 7 hal yang perlu anda lakukan selanjutnya. Dan untuk memudahkan navigasi, klik pada link berikut ini:

1. Jangan buru-buru mengajukan proposal
2. Pelajari aturan, kebijakan dan fasilitas
3. Pasang foto di profil
4. Isi bidang keahlian
5. Ikuti tes keahlian
6. Pasang portfolio
7. Ajukan lamaran

1. Jangan buru-buru mengajukan proposal kerja
Belum saatnya. Akan jauh lebih baik anda sekarang fokus ke profil anda, yaitu bagaimana membuat sebuah profil yang bagus, profil yang "menjual". 
↑ ke atas lagi

2. Pelajari aturan, kebijakan dan fasilitas pendukung yang ada
Broker jasa freelancer berfungsi sebagai penengah antara anda dan klien anda nanti, jadi sangat penting Anda memahami semua aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh mereka. Lengkapi semua data yang dibutuhkan. 

Ini lebih baik, dibanding jika anda buru-buru mengajukan proposal, lalu taruh kata anda langsung mendapatkan job, tapi kemudian di tengah jalan anda menemukan kendala dan masalah-masalah dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan anda terhadap tool dan fasilitas yang ada, yang pada akhirnya anda tidak mampu melakukan tugas dengan baik. Ini sebuah awal yang buruk, karena anda akan mendapat rating yang kurang bagus. 

Ingat! Menjadi freelancer adalah karir jangka panjang. Rating adalah sesuatu yang penting, dengan memiliki rating yang bagus, anda berkesempatan untuk dipilih oleh klien, jadi bukan anda yang memilih klien, tapi klien yang mencari anda.
↑ ke atas lagi

3. Pasang foto di profil anda
Ini adalah wajib, karena profile kita ada "wajah" kita yang nanti akan dilihat oleh calon klien. Maka upload-lah foto anda (pilih salah satu yang paling bagus menurut anda, hehehe...). Profil yang tidak memiliki foto, biasanya tidak akan dianggap oleh calon klien.
↑ ke atas lagi

4. Isi bidang keahlian anda
Ini salah satu yang perlu mendapat perhatian lebih. Saran terbaik saya adalah: jangan tuliskan semua keahlian yang tidak saling berhubungan, meski pun anda merasa "mampu" melakukannya. Seperti misalnya Anda menulis: designer, data entry, SEO expert, programmer, marketing, dan seabrek bidang lainnya. Ini sama sekali tidak efektif, karena klien justru akan mengganggap anda tidak "expert" di semua bidang itu.

Jauh lebih baik anda fokus ke salah satu bidang saja. Apa bidang yang terbaik anda kuasai? Itulah yang perlu anda tuliskan di sini. Janganlah menjadi "dokter umum", jadilah "dokter spesialis" maka anda akan dibayar lebih mahal!
↑ ke atas lagi

5. Ikuti tes keahlian
Luangkan waktu untuk mengikuti tes keahlian, pilih tes yang sesuai dengan bidang jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda adalah desainer, maka anda bisa mengambil tes aplikasi yang banyak digunakan untuk desain, seperti photoshop, illustrator, coreldraw, InDesign, dan lain-lain. 

Ini juga tak kalah penting, sebagai bukti bahwa kita benar-benar kompeten di bidang yang kita 'mengaku' ahli di bidang itu. Klien cukup memberi perhatian untuk hal yang satu ini, karena dengan itu klien mengetahui apakah kita 'capable' di bidang itu atau tidak. Ditambah lagi, dengan mengikuti tes ini, anda akan mendapat tambahan kuota dalam pengajuan aplikasi.
↑ ke atas lagi

6. Pasang portfolio anda
Portfolio adalah hasil karya anda di masa lalu. Jika ada punya, pasang di profil anda. Ini juga penting. Hampir setiap job posting mensyaratkan Anda memiliki portfolio sebagai bukti bahwa anda memang memiliki karya. Tidak perlu semua anda upload, pilih saja beberapa yang anda anggap paling  bagus dan mewakili keahlian anda.
↑ ke atas lagi

7. Ajukan lamaran
Setelah semua hal di atas anda lakukan, sekarang saatnya anda mengajukan proposal kepada calon klien. Jangan gusar, jika satu dua tiga kali proposal anda tidak mendapat respon, saya sendiri mendapat job pertama setelah mengajukan lebih dari 15 proposal!

Jika salah satu proposal anda diterima, selamat! Anda sekarang telah resmi menjadi seorang freelancer, lakukan tugas dengan sebaik-baiknya, agar di akhir job nanti anda akan mendapatkan rating yang bagus, itu bekal untuk karir anda ke depan. Dan percayalah, job kedua, ketiga, keempat dan seterusnya akan lebih mudah anda dapatkan, bahkan tidak mustahil anda langsung mendapat kontrak per jam jika anda sungguh-sungguh dan melakukan job pertama dengan sangat baik.
↑ ke atas lagi

Oya, terakhir tentukan metode penarikan dana yang paling nyaman untuk anda. Di oDesk sendiri ada beberapa cara penarikan dana, bisa melalui paypal, skrill, atau langsung wire transfer. Menurut saya, yang terbaik adalah wire transfer, karena biayanya cukup murah, cepat sampai, dan aman.

Akhir kata, selamat meniti karir menjadi seorang freelancer yang sukses! Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar