Rabu, 28 Agustus 2013

6 Faktor Utama Sukses Menjalankan Adsense

Bagaimana cara sukses mendapatkan uang dari blog dengan Google Adsense?

Adsense masih merupakan pilihan utama mendapatkan uang dengan 'mudah' dari blog. Tidak ada pilihan terbaik lainnya di bidang industri PPC yang bisa menyaingi Adsense.

Namun begitu, tidak banyak publisher Adsense yang benar-benar mendapatkan hasil yang memuaskan, bahkan bagi blogger yang 'jago' marketing dan SEO sekalipun. Banyak faktor yang menjadi kendala.

Nah, dari sekian banyak faktor itu, kali ini saya coba meringkas faktor-faktor utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan Adsense. Setidaknya saya menemukan 6 faktor utamanya:

1. Konten yang 'brenas'
Hindari menyajikan konten 'basi', yang telah banyak ditulis oleh ribuan blogger lainnya. Jika rank blog masih rendah, maka akan sulit untuk bersaing di SERP.

Untuk itu, menyajikan konten yang bagusfresh, unik dan bermanfaat adalah hal yang mesti dilakukan. Ini akan membuat blog Anda tampil beda dan memenangkan persaingan.

2. Niche bernilai tinggi
Niche mahal juga menjadi salah satu faktor utama meraih sukses menjalankan Adsense. Jika semua blog Anda hanya fokus terhadap keyword bernilai kecil, maka pendapatan Anda pun akan pas-pasan.

Dengan nilai per klik hanya $0,01 dan Anda hanya bisa mendapatkan 300 klik per bulan misalnya, apakah itu cukup untuk mengganti lelah Anda? Saya kira tidak. Oleh karena itu, Anda mesti memikirkan untuk mencari keyword bernilai tinggi, dan itu bisa Anda dapatkan dengan riset kunci dari akun Adwords.

3. Investasi waktu
Ini adalah yang saya rasakan sendiri. Dulu saya blogging hanya sebatas hobi dan mengisi waktu luang. Apa yang saya dapatkan? Untuk bisa mencapai $100 pertama saya membutuhkan waktu lebih dari 6 bulan! Namun seiring waktu lebih yang saya sediakan untuk blogging dan mengelola Adsense, maka pendapatan pun ikut meningkat secara sangat signifikan.

Kesimpulannya, semakin banyak waktu yang Anda sediakan, penghasilan Adsense Anda akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit Anda menyediakan waktu semakin kecil pendapatan Adsense Anda. So, investasikan waktu Anda dengan cukup.

4. Merotasi unit iklan
Seperti yang pernah saya terangkan dalam tiga sumber trafik blog yang mempengaruhi pendapatan, trafik terbaik untuk Adsense adalah trafik tertarget dari mesin pencari. Lalu, bagaimana jika blog Anda memiliki banyak sekali pembaca setia?

Pembaca yang selalu mengikuti update blog Anda setiap hari cenderung akan mengabaikan iklan Adsense, sehingga kemungkinan mendapatkan klik dari mereka relatif kecil. Nah, untuk itu Anda perlu merubah tampilan iklan Adsense di blog, sebagai penyegaran untuk mengurangi efek ads blindness.

Caranya bisa dengan mengganti ukuran, desain, posisi penempatan. Atau bisa juga Anda menggunakan metode a/b testing, yang akan membuat tampilan iklan berubah setiap pengunjung membuka halaman baru atau merefresh halaman.

5. Posisi penempatan iklan
Faktor utama lainnya adalah posisi iklan Anda. Posisi iklan terbaik, yang paling banyak disarankan adalah di bagian paro atas (above the fold), yang mana iklan bisa terlihat begitu pengunjung membuka blog Anda, tanpa perlu menggulung layar ke bawah.

Jangan remehkan masalah posisi ini, ini benar-benar faktor yang sangat menentukan. Sampai saat ini, unit yang paling besar memberikan revenue di Portal-Uang, adalah yang berada di bawah judul artikel di setiap halaman posting.

Jadi, jika Anda belum pernah mencobanya, kenapa tidak mulai dari sekarang? Bagi yang belum tahu caranya, silakan baca tulisan saya sebelumnya cara memasang iklan Adsense di atas postingan.

6. Trafik tertarget
Sengaja saya menyebut ini pada poin terakhir. Karena, meski semua poin di atas telah dilakukan dengan baik, tidak akan memberi hasil memuaskan jika blog Anda tidak memiliki trafik! Trafik tertarget! Trafik yang berasal dari search engine.

Jadi, Anda harus sedikit memberi perhatian lebih untuk menarik lebih banyak lagi dan lebih banyak lagi pengunjung. Berkomentar di blog lain dan menulis sebagai blogger tamu, dua cara yang bisa diandalkan, cobalah.

Itulah faktor-faktor kunci yang mesti diperhatikan dengan serius untuk meningkatkan pendapatan Adsense Anda. Faktor ini sebagai pelengkap dan penegasan dari rumus keberhasilan Adsense yang pernah saya bahas panjang lebar sebelumnya.

Saran terakhir, terus lakukan tes sampai Anda menemukan optimasi Adsense yang terbaik bagi blog Anda sendiri. Kalau masih bingung mulai dari mana, Anda bisa memulainya dari kompilasi tips sukses Adsense dari tulisan-tulisan saya sebelumnya. Anda bisa memulainya dari sana. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar